10 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

4 min read

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Halo pembaca Dhikly.com. Anda dapat mengontrol tekanan darah tinggi tanpa obat dengan 10 perubahan gaya hidup ini. Dengan begitu tekanan darah tinggi anda dapat dikendalikan dan terhindar dari penyakit jantung. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Jika anda menderita tekanan darah tinggi, mungkin yang terpikir untuk mengontrol tekanan darah tinggi pertama kali adalah dengan obat.

Pada dasarnya yang paling berpengaruh adalah gaya hidup Anda dalam mengatasi tekanan darah tinggi ini.

Jika anda dapat mengendalikan tekanan darah tinggi dengan merubah gaya hidup mungkin Anda dapat mulai menghindari, menunda atau mengurangi kebutuhan obat-obatan untuk darah tinggi Anda.

Berikut ini adalah 10 perubahan gaya yang direkomendasikan agar tekanan darah tinggi anda dapat menurun.

1. Berat badan

Pada umumnya kemungkinan terkena darah tinggi meningkat seiring dengan bertambahnya berat badan tubuh. Selain itu berat badan yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat anda tidur atau dalam istilah medis disebut dengan Sleep Apnea.

Menjaga berat badan anda tetap ideal adalah salah satu perubahan gaya hidup yang harus anda jaga agar tekanan darah tinggi anda dapat dikendalikan.

Bahkan kehilangan beberapa kilo saja dari berat badan anda, cukup mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi terjadi pada diri Anda.

Dikutip dari Mayo Clinic, Setiap berat badan berkurang 1 kilogram, seseorang tersebut juga mengurangi tekanan darah dalam tubuh sebesar 1 mmHg.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bentuk pinggang anda. Pasalnya terlalu banyak beban di bagian pinggang dapat meningkatkan risiko anda terkena darah tinggi.

Pada umumnya ukuran pinggang

  • Pria akan lebih berisiko terkena darah tinggi jika pinggang mereka lebih besar dari 102 cm
  • wanita akan lebih berisiko terkena darah tinggi jika pinggang mereka lebih besar dari 89 cm

Untuk lebih tepatnya anda harus menanyakan pada dokter. Karena pada umumnya setiap orang mempunyai postur tubuh yang berbeda.

2. Olahraga

Anda disarankan untuk beraktivitas fisik selama 150 menit setiap minggu atau sekitar 30 menit setiap harinya. Hal ini dapat menurunkan sekitar 5 mmHg hingga 8 mmHg tekanan darah tinggi pada tubuh Anda.

Olahraga perlu dilakukan secara rutin untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan tidak kembali menyerang tubuh Anda.

Jika tekanan darah tinggi anda mulai meningkat, olahraga bisa menjadi solusi yang dapat anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi anda hingga pada angka normal.

Beberapa contoh aktivitas fisik yang dapat anda lakukan yaitu latihan aerobik, berjalan, bersepeda, joging, menari, berenang dan masih banyak lagi.

Tetap komunikasikan dengan dokter pada saat anda kontrol rutin kesehatan tubuh Anda.

3. Makanan

Cara mengontrol tekanan darah tinggi tanpa obat berikutnya adalah makanan.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul Jenis Makanan Penyebab Darah Tinggi, ada beberapa makanan yang harus dibatasi pada penderita hipertensi.

Direkomedasikan untuk mengonsumsi jenis makanan seperti, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Dengan menjaga pola makan ini anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 11 mmHg.

Memang tidak mudah untuk mengubah pola makan seseorang, apalagi beberapa makanan merupakan makanan favorit anda, tetapi dengan beberapa tips ini, Anda dapat menerapkan pola hidup sehat

  • Membuat buku harian makanan. Tulis semua apa saja yang anda makan selama satu minggu, hal ini untuk mengetahui, dan dapat digunakan evaluasi terkait apa saja yang anda makan. Pantau berapa banyak anda makan, jenis makanan apa saja, kapan anda makan, dan mengapa anda makan makanan tersebut.
  • Tingkatkan konsumsi kalium. Kalium berfungsi untuk mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Sumber kalium terbaik antara lain, buah-buahan dan sayuran, makanan tersebut lebih baik daripada suplemen. Konsultasikan dengan dokter untuk tingkat kalium yang boleh anda makan setiap harinya.
  • Jadilah pembeli yang cerdas. Sebelum anda makan, sebaiknya lihat kandungan makanan pada label bungkus makanan dan tetap patuhi pola makan sehat anda meskipun sedang membeli makanan diluar rumah.

4. Kurangi natrium

Dengan mengurangi natrium pada makanan anda, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah pada tubuh anda sekitar 5 mmHg hingga 6 mmHg.

Batas konsumsi natrium pada tubuh seseorang berbeda beda. Secara umum, anda direkomendasikan untuk membatasi konsumsi natrium kurang dari 2.300 mg dalam satu hari.

Ada beberapa tips untuk mengurangi konsumsi natrium harian anda, yaitu

  • Baca label makanan. Direkomendasikan untuk memilih makanan dan minuman yang rendah sodium.
  • Batasi makan makanan olahan. Pada makanan pada umumnya mengandung sedikit sekali kandungan natrium. Kebanyakan natrium pada makanan dihasilkan dari proses pengolahan.
  • Batasi konsumsi garam. Satu sendok teh garam mengadung 2.300 mg natrium. Gunakan bumbu atau rempah lain untuk menambahkan cita rasa pada makanan Anda.
  • Kurangi dikit demi sedikit. Jika Anda merasa kesulitan dalam mengurangi natrium pada makanan anda secara drastis, lakukan hal ini dari dikit demi sedikit hingga langit-langit mulut anda akan terbiasa nantinya.

Baca juga: 18 Jenis Buah Paling Cepat Menurunkan Darah Tinggi

5. Hindari alkohol

Jika anda mengonsumsi alkohol, batasi hingga satu gelas untuk wanita atau dua gelas untuk pria. Hal ini berpotensi menurunkan tekanan darah anda sekitar 4 mmHg.

Tetapi hal ini beda cerita jika anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Mengonsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah Anda hingga beberapa poin. Hal ini juga dapat mengganggu efektivitas tekanan darah Anda.

6. Berhenti merokok

Rokok dapat meningkatkan tekanan darah Anda selama beberapa menit setelah anda selesai merokok.

Berhenti merokok dapat membantu tekanan darah tinggi anda turun hingga angka normal. Selain itu juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Orang yang tidak merokok mungkin akan hidup lebih lama dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berhenti merokok.

7. Kurangi kafein

Peran kafein dalam tekanan darah masih perlu diteliti lebih lanjut. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah hingga angka 10 mmHg pada orang yang jarang mengonsumsi kafein.

Tetapi pada seseorang yang sudah terbiasa mengonsumsi kafein secara teratur mungkin mengalami sedikit atau bahkan tidak berefek pada tekanan darah nya.

Meskipun efek kafein pada tekanan darah belum jelas, namun kemungkinan tekanan darah dapat sedikit meningkat.

Periksakan diri anda secara berkala untuk mengetahui apakah kafein berpengaruh pada tekanan darah anda. Anda juga bisa memeriksa efek tersebut pada waktu 30 menit setelah minum minuman kafein.

Jika tekanan darah anda meningkat 5 mmHg hingga 10 mmHg kemungkinan Anda peka terhadap efek peningkatan tekanan darah yang disebebkan kafein tersebut.

Konsultasikan dengan dokter jika terjadi kenaikan tekanan darah setelah mengonsumsi kafein.

Baca juga: Kenali Darah Tinggi Sebelum Menyerang Anda

8. Kelola stress

Tekanan darah tinggi meningkat juga dapat disebabkan karena stres kronis. Masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungan antara stress dengan tekanan darah tinggi.

Luangkan waktu anda untuk memikirkan apa yang menyebabkan anda menjadi stres, misalnya karena pekerjaan, keuangan, keluarga, atau sakit. Setelah mengetahui sumber stress yang anda rasakan, pertimbangkan bagaimana Anda dapat menghilangkan atau mengurangi stres yang anda rasakan.

Ada beberapa tips untuk Anda agar terhindar dari stres

  • Mengubah harapan. Misalnya, Anda merencanakan prioritas apa yang akan anda lakukan hari ini. Hindari berusaha melakukan terlalu banyak hal dan belajarlah untuk mengatakan tidak. Pahami bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa anda ubah dan tidak bisa anda kendalikan, tetapi anda bisa fokus pada bagaimana anda bereaksi terhadapnya.
  • Fokus pada masalah yang dapat anda kendalikan dan buat rencana untuk menyelesaikannya. Misalnya, jika anda mempunyai masalah di tempat Anda kerja, cobalah untuk berbicara kepada manajer anda. Jika anda mengalami masalah dalam keluarga, ambil langkah untuk menyelesaikannya.
  • Hindari pemicu stres. Misalnya jika lalu lintas jam kerja dalam perjalanan dapat menyebabkan stres, cobalah untuk berangkat lebih awal, atau menggunakan transportasi umum. Jika memungkinkan, hindari juga orang yang membuat anda stres.
  • Luangkan waktu. Luangkan waktu Anda untuk bersantai atau melakukan kegiatan yang anda sukai seperti memasak, berjalan jalan atau menjadi sukarelawan. Luangkan waktu untuk duduk santai dan bernapas dalam dalam.
  • Latih diri Anda untuk berterima kasih. Pasalnya, dengan anda mengucapkan terimakasih kepada orang lain, dapat mengurangi stres yang dirasakan.

9. Pantau tekanan darah secara teratur

Cek kesehatan Anda secara teratur agar dapat mengawasi perkembangan tekanan darah Anda. Selain itu juga untuk memastikan perubahan pola hidup anda bekerja.

Pemeriksaan kesehatan secara berkala merupakan kunci untuk mengontrol tekanan darah tinggi Anda. Konsultasikan kepada dokter seberapa sering Anda harus memeriksanya.

Jika Anda melakukan perubahan apapun pada obat atau perawatan lainnya, mungkin dokter akan menyarankan anda untuk memeriksa kondisi kesehatan anda dua minggu setelah anda melakukan perubahan.

10. Dukungan

Dukungan lingkungan sekitar anda dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan Anda. Mereka mungkin akan mendorong anda untuk hidup sehat, mengantar Anda ke kantor atau mengajak anda berolahraga bersama untuk mengontrol darah tinggi Anda.

Itulah 10 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat. Tetap jaga kondisi anda tetap sehat dan jangan lupa untuk kontrol kesehatan anda secara berkala.

Add a Comment