14 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi

4 min read

Buah Penurun Darah tinggi

Hai Sobat dhikly, apa kalian sudah tau, buah apa saja yang bisa menurunkan darah tinggi? Yuk simak 14 jenis buah penurun darah tinggi dibawah ini!

Jenis Buah Penurun Darah Tinggi

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi. Pisang mengandung kalium yang dapat membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh, sehingga tekanan darah terkontrol.

Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang Anda butuhkan setiap hari.Anda dapat mengonsumsi pisang secara utuh, memanggang, atau mencampurnya ke dalam sereal.

Bila Anda juga sedang menjaga kadar gula, pilihlah pisang yang belum terlalu matang atau yang masih berwarna hijau karena memiliki kandungan gula yang lebih rendah dan serat yang lebih tinggi.

2. Semangka

Buah semangka mengandung Vitamin A, Vitamin C, kalium, dan magnesium yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Buah ini juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Menurut American Journal of Hypertension, sebuah studi menunjukkan kandungan sitrulin yang terkandung di dalam semangka dapat menurunkan sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi

Penurunan ini jelas terlihat pada pasien penderita tekanan darah tinggi di bagian pergelangan kaki dan lengan atas, terutama pada pasien dengan berat badan berlebih dan berusia 50 tahun ke atas.

3. Anggur

Buah penurun darah tinggi selanjutnya yaitu Anggur, buah ini juga dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan, khususnya sebagai buah untuk darah tinggi.

Polifenol yang terkandung pada anggur berguna untuk mengotrol tekanan darah. Polifenol dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Buah anggur juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga aman jika dikonsumsi secara rutin dan bisa mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi.

4. Kiwi

Kiwi memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat sebagai penurun tekanan darah tinggi, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium.

Sebuah penelitian menemukan bahwa penderita darah tinggi yang rutin mengonsumsi tiga buah kiwi dalam sehari terjadi penurunan tekanan darah yang lebih cepat.

Dalam satu buah kiwi terkandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Ketiga mineral tersebut mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu tubuh Anda dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Walaupun rasanya agak sedikit masam, namun ternyata buah ini mempunyai manfaat yang sangat menguntungkan bagi Anda.

5. Delima

Menurut penelitian, mengonsumsi jus buah delima selama empat hari dan lebih dari satu cangkr dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Buah delima juga dapat memberikan Anda asupan nutrisi vitamin K, serat, vitamin C, dan folat. Konsumsi buah delima secukupnya karena buah ini memiliki kalori yang tinggi.

Buah delima sebagai penurun darah tinggi juga telah dibuktikan dalam penelitian lain.

Phytotherapy Research, menyatakan bahwa 21 pasien yang selama dua minggu diberi jus, mengalami penurunan tekanan darah yang cukup signifikan.

Buah penurun darah tinggi ini mengandung zat polifenol yang bersifat antioksidan. Zat tersebut dibutuhkan tubuh untuk mencegah terbentuknya radikal bebas. Pasalnya, radikal bebas terbentuk, sel-sel tubuh akan rusak dan mengganggu aliran darah. Jika dibiarkan pembuluh darah akan tersumbat dan menyebabkan tekanan darah naik.

6. Buah bit

Buah bit juga termasuk buah yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa terjadi penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi buah tersebut. Kandungan Nitrat yang terdapat pada buah bit yang berperan dalam penurunan tekanan darah tinggi tersebut.

Buah bit juga mengandung potasium yang tinggi. Potassium berfungsi untuk membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Buah bit bisa dimakan dengan berbagai cara mulai dari dibuat salad hingga dipanggang. Cara paling populer dan baik untuk menjaga kandungan buah bit adalah dengan cara menghancurkan buat bit dengan blender, kemudian meminum air perasan buah bit yang sudah dihancurkan tersebut.

7. Jeruk

Kandungan pada buah jeruk ternyata dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Jeruk tidak hanya kaya vitamin C, tetapi juga mengandung banyak potasium, vitamin A, folat, antioksidan, dan thiamin. Mineral dan nutrisi tersebut sangat berperan dalam kesehatan pembuluh darah Anda.
Sebuah studi yang dilaksanakan oleh tim peneliti Cleveland Clinic membuktikan hal tersebut.

Setelah minum jeruk rata-rata penurunan tekanan darah sistolik dari studi ini adalah sebesar 6,9%, sedangkan tekanan darah diastolik menurun sebanyak 3,5%. Meski angka tersebut cukup kecil, penurunan ini termasuk sangat berpengaruh pada penderita hipertensi.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan pengaruh buah jeruk pada penurunan tekanan darah.

Baca Juga: Apasih darah tinggi itu?

8. Alpukat

Alpukat tidak hanya bisa dijadikan pilihan buah sumber lemak baik bagi tubuh, tetapi juga dapat menjadi buah penurun darah tinggi. Alpukat mengandung potasium yang baik untuk pembuluh darah, serat, antioksidan, folat, vitamin B6, vitamin C, asam pantotenat, dan vitamin K.

Selain mengandung mineral dan lemak baik, alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

Saat mengupas alpukat, sebaiknya kupaslah dengan hati-hati. Mengapa? Karena ternyata kandungan berbagai senyawa yang baik ini berada tepat di bawah kulit alpukat.

Setengah potong buah alpukat memngandung 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium yang kita butuhkan setiap hari.

9. Buah Berry

Buah-buahan kelompok berry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa flavonoid ini dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga dapat membantu sebagai buah penurun darah tinggi. Anda dapat menambahkan raspberry, blueberry dan strawberry pada yogurt atau sereal pagi Anda.

10. Kelapa

Air kelapa bisa dijadikan salah satu cara untuk mengatur tekanan darah. Air kelapa mengandung banyak elektrolit yang mampu menjaga kesehatan otot, saraf, mencegah dehidrasi, dan menyeimbangkan kadar pH atau asam basa dalam tubuh.

11. Mengkudu

Buah mengkudu memang memiliki aroma yang menyengat, tetapi buah yang mengkudu juga sudah lama terkenal sebagai salah satu buah penurun darah tinggi.

Mengkudu banyak mengandung mineral, vitamin, dan senyawa lain yang mampu menjadi antioksidan bagi tubuh. Sebuah penelitian juga sudah menunjukkan manfaat buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah.

12. Blewah

Buah blewah sering kali digunakan dalam es buah. Buah blewah mengandung protein, karbohidrat, asam folat, vitamin A B6, dan vitamin C. Buah ini juga kaya mineral kalium, magnesium, natrium, mangan, seng, tembaga, kobalt dan krom.

selain itu ternyata buah blewah juga dipercaya bisa menurunkan darah tinggi.

13. Buah pir

Pir juga termasuk buah yang kaya akan kalium dan zat-zat antioksidan lainnya. Kandungan kalium dalam buah pir adalah sekitar 190 mg.

Buah ini juga tidak mengandung sodium dan lemak, sehingga risiko mengalami tekanan darah tinggi pun berkurang.

Konsumsi buah pir dalam jangka panjang juga membantu Anda menjaga kontraksi otot berlebih, menurunkan berat badan, mengontrol denyut jantung, dan memperlancar proses metabolisme tubuh anda.

14. Buah nanas

Buah lainnya yang dapat menurunkan tekanan darah adalah nanas. Buah yang identik dengan rasa asam ini kaya akan kalium, mineral yang bermanfaat untuk penderita hipertensi.

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah akan lebih lancar dan risiko penyempitan pembuluh darah pun mengecil.

Buah nanas juga memiliki kandungan enzim bernama bromelain. Enzim ini memiliki khasiat untuk menangani peradangan dan sering ditemukan di beberapa jenis obat. Tapi selain mengatasi peradangan, bromelain ternyata juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Ditambah lagi, buah nanas juga dapat membantu mengatasi penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya, seperti aterosklerosis.

Add a Comment