3 Jenis Makanan Penyebab Darah Tinggi, Wajib Anda Hindari!

4 min read

Makanan penyebab darah tinggi

Halo sobat dhikly, kali ini kita akan membahas macam-macam makanan penyebab darah tinggi naik. yuk langsung saja simak 3 jenis makanan penyebab darah tinggi dibawah ini.

Jenis makanan yang menyebabkan hipertensi

Pola makan yang buruk menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada tubuh anda.

Sebuah penelitian American Heart Association, merekomendasikan agar anda membatasi asupan natrium sebesar 2300 mg per hari dan bagi penderita hipertensi dibatasi hanya 1500 mg per hari.

Berikut adalah jenis makanan yang perlu anda hindari agar tekanan darah tinggi anda tidak naik.

1. Makanan dengan kadar garam tinggi

Pada dasarnya garam adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. garam berfungsi mengendalikan keseimbangan kada cairan dalam tubuh, membantu pengiriman sinyal dari saraf, dan memengaruhi funsi otot.

Jika terlalu banyak kandungan garam di dalam aliran darah dapat menyebabkan volume total darah meningkat. peningkatan volume ini yang dapat membuat tekanan darah juga naik. lalu kondisi ini yang dapat menyebabkan darah tinggi, karena dapat membebani kerja jantung serta pembuluh darah.

Banyak orang yang tidak menyadari yang ia konsumsi mengandung garam yang tinggi, disarankan melihat label ‘garam’ pada kemasan makanan.

Selain itu perhatikan juga apakah terdapat kandungan Sodium Klorida, NaCl, Monosodium Glutaman (MSG), baking soda, disodium fosfat, atau baking powder.

Semua istilah dengan kata sodium atau natrium, merujuk pada kandungan garam dalam makanan. batas makanan dianggap rendah garam apabila mengandung kurang dari 140 miligram (mg) garam tiap porsi.

Contoh jenis makanan dengan kandungan garam yang tinggi dan bisa jadi penyebab darah tinggi antara lain

1.1 Kue, roti, roti isi, pastri, dan sejenisnya

Pada umumnya kue, roti dan sejenisnya memiliki cita rasa manis sehingga banyak digemari. namun bagi anda penderita hipertensi hati-hati dengan makanan yang satu ini.

Rasa manis yang terkandung dapat menyebabkan darah tinggi dan juga sarat dengan garam, lemak jenuh, gula, dan sodium

1.2 Daging olahan

Sosis, frozen food adalah contoh daging olahan. daging olahan ini juga harus dihindari bagi anda yang menderita hipertensi.

Satu porsi daging olahan bisa mengandung 500mg natrium atau lebih. Garam atau natrium yang terkandung pada makanan daging olahan ini berfungsi sebagai pengawet sehingga mempunyai daya simpan yang cukup lama.

Potongan frozen food juga memiliki ratusan miligram sodium. untuk itu, cobalah untuk mengganti protein hewani anda dengan memanggang dada ayam, dan konsumsilah makanan segar yang terbukti lebih sehat untuk anda dan tidak termasuk makanan penyebab darah tinggi.

1.3 Makanan siap saji (fast food)

Makanan cepat saji, seperti pizza, ayam goreng, kentang goreng, hamburger dan sejenisnya, mengandung garam atau natrium yang sangat tinggi. tidak mengherankan jika makanan cepat saji termasuk dalam makanan penyebab darah tinggi.

Selain mengandung garam yang tinggi, makanan cepat saji juga mengandung lemak yang juga tinggi. mengingat lemak juga salah satu jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita hipertensi

1.4 Makanan instan

Salah satu makanan penyebab darah tinggi lainnya yaitu produk instan, seperti mie instan. karena, tiap kemasan mie instan rata rata mengandug 14gr lemak dan 500-1000mg sodium. hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Makanan lainnya yang mengandung garam yang tinggi dan perlu dihindari yaitu :

  • Daging yang diawetkan
  • Makanan ringan, seperti keripik kentang dan sejenisnya.
  • Makanan yang di bekukan, seperti nugget dan sejenisnya.
  • Berbagai jenis kecap dan saus, seperti saus tomat, saus sambal, kecap asin, kecap manis, mayones, saus barbekyu, dan sejenisnya.

2. Makanan dengan kandungan lemak jenuh dan kolesterol

Lemak jenus di dalam tubuh digunakan untuk memproduksi kolesterol.

Jika terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak jenuh, maka jumlah kolesterol dalam tubuh akan meningkat juga.

Kolestrol pada dasarnya juga dibutuhkan oleh tubuh tapi dalam jumlah tertentu, yang berfungsi dalam pembentukan hormon dan menjaga kesehatan sel tubuh.

Selain menyebabkan hipertensi, kolestrol yang terlalu bnyak di dalam tubuh juga dapat meningkatkan risiko sakit jantung dan stroke.

Berikut contoh makanan penyebab darah tinggi karena kandungan lemak jenuhnya :

2.1 Daging merah

Daging merah (sapi, kambing, babi dan sejenisnya) pada umunya memang memiliki cita rasa yang enak, dan banyak digemari masyarakat. namun, banyak olahan daging merah yang diberi banyak garam agar cita rasanya lebih menonjol.

Disarankan untuk membatasi porsi jika anda masih ingin mengonsumsinya. karena selain dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, daging merah juga dapat membahayakan jantung.

2.2 Sumber protein hewani

Susu full cream, margarine, mentega, keju, mayonnaise, dan sumber protein hewani lainnya, mengadung lemak jenuh yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

2.3 Kue, roti, dan sejenisnya

Makanan yang memiliki cita rasa manis juga dapat menjadi penyebab darah tinggi, karena pada umumnya sarat kandungan garam, lemak jenuh, gula, dan sodium.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini juga bisa memicu obesitas.

2.4 Gorengan

Makanan yang diolah dengan cara digoreng secara otomatis akan mengandung lemak trans dan lemak jenuh pada tiap sajiannya.

Jika anda mempunyai riwayat hipertensi, sebaiknya hindari makanan satu ini.

Makanan lainnya yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol dan perlu dihindari yaitu :

  1. Makanan bersantan, contoh: rendang, opor, dan sejenisnya.
  2. minyak kelapa dan minyak sawit

Makananan diatas memang tidak harus dihindari sepenuhnya, cukup dibatasi jumlah yang akan dikonsumsi.

Jika ingin makan daging merah, pilihlah daging yang tidak mengandung lemak. atau bisa menggantinya dengan daging ayam tanpa kulit.

Pilih produk susu rendah lemak. kurangi juga proses memasak dengan acara digoreng, ganti saja dengan cara mengukus, atau merebus.

Bila ingin konsumsi makanan yang digoreng, anda bisa munggunakan minyak goreng yang mengandung lemak tak jenuh. contohnya, minyak bunga matahari, minyak zaitun, dan minyak jagung.

Baca juga : 14 jenis buah penurun darah tinggi

3. Makanan tinggi gula

Saat kita mengonsumsi maknaan denga glukosa yang tinggi, tubuh akan merespon dengan memproduksi insulin.

kadar insulin jika terlalu tinggi dapat mempengaruhi tekanan darah karena akan mengurangi pengeluaran air dan garam oleh ginjal. selain itu jika insulin berlebihan bisa menimbulkan resistensi insulin dalam tubuh.

resistensi ini yang menyebabkan tubuh sulit meyimpan magnesium. jika kadar magnesium dalam tubuh rendah, pembuluh darah akan menjadi kaku dan tekanan darah akan naik.

berikut makanan penyebab darah tinggi yang banyak mengandung gula:

3.1 Makanan olahan

Makanan olahan dan makanan kalengan bagi penderita hipertensi tidak boleh terlalu sering anda konsumsi. karena, dalam makanan tersebut mengandung garam dengan jumlah yang tinggi.

garam yang terkandung dalam makanan ini digunakan sebagai penyawet sehingga memiliki daya simpan lebih lama dan konsumsi terlalu banyak garam dalam makanan olahan dapat menjadi penyebab darah tinggi.

maka dari itu, penderita hipertensi disarankan untuk membatasi makanan olahan dan maknaan kaleng yang merupakan jenis makanan penyebab darah tinggi.

jika anda terpaksa memakan makanan olahan, sebainya perhatikan kandungan aram dalam kemasan, agar anda dapat mengontrol asupan garam yang anda makan.

3.2 Aneka minuman ringan dan minuman dalam kemasan

Asupan gula yang berlebihan, terutama diperoleh dari pemanis buatan makana olahan, dapat hibungkan dengan kenaikan berat badan (obesitas).

Orang denga dengan obesitas, rentan terkena hipertensi. selain itu, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa asupan gula tambahan dari makanan olahan dapat meningkatkan risiko anda mengalami tekanan darah tinggi, penyait jantung, dan stroke.

maka dari itu, makanan yag mengandug pemasnis tambahan juga termasuk sebagai makanan penyebab darah tinggi.

para peneliti juga merekomendasikan, memberi asupan tambahan sebesar 6 sendok teh atau sekitar 24 gram perhari untuk wanita dan 9 sendok teh atau sekitar 36 gram per hari untuk pria.

Semua yang berlebihan tidaklah baik. hal ini juga berlaku pada makanan diatas, bagi penderita hipertensi ataupun orang sehat.

apabila makanan atau pun minuman dikonsumsi dalam batas wajar, jarang menyebabkan gangguan pada tubuh. namun bila disantap secara berlebihan, efek yang akan terjadi dalam jangka panjang bisa saja mengganggu kesehatan.

Add a Comment