4 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat

4 min read

Penyebab Asam Urat

Halo sobat dhikly, apakah kalian sudah tahu apa saja makanan dan minuman yang menjadi penyebab asam urat jadi kambuh dan semakin tinggi? yuk simak penjelasannya berikut ini.

Asam urat atau dikenal dengan istilah gout adalah penyakit radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam sendi dan membentuk kristal.

Kristal tersebut menumpuk pada darah sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Sementara, kelebihan kristal dapat menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Maka dari itu, kenali apa saja makanan penyebab asam urat, sehingga Anda bisa lebih cermat dalam memilih makanan yang ingin dikonsumsi.

Jenis makanan

Daftar makanan penyebab asam urat naik

1. Jeroan

Jeroan merupakan jenis makanan penyebab asam urat. Hal ini karena makanan-makanan tersebut memiliki kandungan purin yang tinggi

dan dapat menyebabkan serangan gout akut bila dikonsumsi penderita yang sudah lama menderita penyakit asam urat.

Contohnya seperti, hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus, dan paru

2. Makanan Laut (Seafood)

Ya, meski ikan laut memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, sebaiknya hindari konsumsi makanan laut apabila kadar asam urat Anda sudah tinggi.

Beberapa jenis makanan laut pemicu asam urat adalah ikan sarden, ikan teri, ikan makarel, dan ikan trout. Selain itu, hindari pula hidangan laut, seperti kepiting dan kerang. Semua jenis makanan tersebut mengandung tinggi purin.

Jika Anda ingin konsumsi makanan laut, pilihlah yang kadar purinnya tidak tinggi, seperti lobster, udang, dan tiram. Meski demikian, tetap jangan mengonsumsi secara berlebihan.

Jangan lupa imbangi makan ikan dengan sayuran seperti perasan lemon dan tumis brokoli. Jus lemon juga dapat membantu menetralkan asam urat, sedangkan brokoli adalah sayuran rendah purin.

3. Daging

Sumber makanan berupa daging merah (sapi, babi, kambing, domba) serta daging putih (daging entok, angsa, kalkun, burung puyuh, dan kelinci) adalah makanan yang harus dihindari bagi pengidap asam urat.

Menurut penelitian asal Jepang dalam jurnal Biological and Pharmaceutical, setiap 100 gram daging mentah dapat mengandung lebih dari 100 mg purin. Kisaran ini sebenarnya masih tergolong rendah purin. Namun, daging-daging tersebut akan mengandung lebih banyak purin setelah dimasak. 

Perlu diketahui bahwa purin yang terkandung dalam makanan olahan juga cukup tinggi, sekitar 45,5–138,3 mg per 100 gram. Selain itu, daging olahan juga mengandung lemak jenuh dan natrium (garam) yang sangat tinggi. Keduanya dapat mempengaruhi fungsi ginjal untuk membuang racun atau limbah dalam tubuh, termasuk kelebihan asam urat. 

Jika ingin menjaga kadar asam urat darah, Anda bisa mengganti sumber protein pada makanan Anda dengan sumber protein nabati, seperti kacang kedelai pada tempe dan tahu.

4. Beberapa Jenis Sayuran

Sayuran hijau seperti bayam, kacang panjang dan kacang polong juga termasuk salah satu makanan penyebab asam urat tinggi. Sama seperti daging merah dan jeroan, sayuran hijau tersebut memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Sayuran hijau menyebabkan kadar asam urat dalam darah naik meski tidak separah jeroan dan daging merah. Jika anda keukeuh ingin konsumsi sayuran hijau, konsumsi sewajarnya jangan berlebihan.

Beberapa jenis sayuran yang mengandung purin dan merupakan makanan penyebab asam urat adalah asparagus, kembang kol, bayam, seledri, daun pepaya dan buncis.

Makanan yang direkomendasikan untuk penderita asam urat

Di bawah ini jenis-jenis makanan alami untuk asam urat yang justru disarankan buat anda, antara lain yaitu:

1. Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C

Semua jenis buah-buahan umumnya baik untuk asam urat

Buah buahan yang mengandung Vitamin C dapat mengikat purin yang berlebih dan menetralisir purin di dalam tubuh sehingga lebih normal dan seimbang. Vitamin C juga efektif untuk mencegah penumpukan sisa-sisa metabolisme yang biasanya menempel pada persendian yang menjadi penyebab asam urat.

Beberapa buah-buahan yang mengandung vitamin C dan disarankan untuk dikonsumsi antara lain pisang, buah delima, alpukat, ceri, apel, buah berries, jambu biji, pepaya, jeruk, semangka, kiwi, dan tomat.

2. Sayur-sayuran Tinggi Serat

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi pengidap asam urat dan juga menjadi salah satu makanan alami untuk asam urat. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai sayuran biasa yang ditumis, dikukus, ataupun di jus dengan mencampurkannya bersama tomat dan perasan lemon.

Sayuran yang mengandung serat sangat efektif untuk menetralisir penumpukan purin dan dapat memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh. Sistem metabolisme yang lancar dapat mencegah asam urat kambuh.

Sayuran lain yang direkomendasikan antara lain : wortel, seledri, kentang, kacang polong, jamur, terong dan sayuran berdaun hijau gelap.

Baca Juga: Asam Urat – Tanda & Gejala, Penyebab, Pantangan

Jenis Minuman

Daftar Minuman Penyebab Asam Urat Naik

1.  Minuman manis

Beberapa jenis minuman manis dapat menyebabkan asam urat kambuh. Kondisi ini umum terjadi pada orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Minuman dengan rasa manis dapat menyebabkan asam urat. Pasalnya, rasa manis tersebut berasal dari gula sejenis fruktosa yang dapat merangsang produksi asam urat lebih banyak.

Beberapa jenis minuman manis yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah:

  • Minuman bersoda;
  • Minuman berenergi;
  • Aneka jus buah;
  • Minuman yang mengandung konsentrat buah-buahan;
  • Air lemon manis;
  • Es teh manis.

2. Alkohol

Semua jenis minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko asam urat dan memperburuk gejala asam urat.

Hal ini karena saat Anda minum alkohol, ginjal akan bekerja keras untuk menetralisir alkohol dibandingkan asam urat. Akibatnya, asam urat akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan asam urat kambuh.

Menurut hasil penelitian, beberapa jenis alkohol yang dapat meningkatkan risiko asam urat, termasuk wine, bir dan liquor.

Penelitian lain juga mendukung temuan tersebut dengan menyatakan bahwa alkohol memang meningkatkan risiko serangan gout, jadi meminum alkohol berapapun meningkatkan risiko serangan gout.

Anda juga mungkin perlu membatasi atau menghindari alkohol. Bicarakan dengan dokter Anda dan cari tahu diet yang paling cocok untuk Anda.

3. Produk Susu

Berbagai produk susu olahan, seperti susu, keju, eskrim ataupun yogurt merupakan makanan penyebab asam urat tinggi yang mesti anda batasi dan hindari konsumsinya. Berbagai hasil penelitian menyebut, makanan yang berasal dari olahan susu bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Jika anda tetap ingin konsumsi olahan susu, konsumsilah produk olahan susu yang rendah lemak atau yang benar-benar bebas dari lemak.

Daftar minuman yang direkomendasikan bagi penderita asam urat

Di bawah ini jenis-jenis minuman untuk asam urat yang justru disarankan buat anda, antara lain yaitu:

1. Teh Hijau

Minum secangkir teh hijau juga efektif untuk menurunkan kadar asam urat yang berlebihan. Jenis teh yang populer sebagai minuman diet ini juga efektif meredakan dan mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

2. Jeruk Nipis

Di Indonesia, jeruk nipis umumnya dibuat minuman atau campuran jus. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis ternyata ampuh dalam melarutkan asam urat. Konsumsi buah ini sangat dianjurkan untuk mencegah dan meredakan nyeri akibat asam urat.

3. Air Putih

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terapi air putih sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat. Mengonsumsi air putih dapat meningkatkan pembuangan zat beracun di dalam tubuh termasuk purin yang berlebih. Minum air putih juga bisa meningkatkan fungsi hati, membersihkan ginjal, dan kinerja metabolisme tubuh.

4. Kopi Hitam

kopi tanpa gula ya, karena minuman manis juga bisa menjadi penyebab asam urat kambuh.

Mengonsumsi segelas kopi hitam setiap hari dapat menurunkan kadar asam urat. Kopi hitam terbukti dapat memperlancar sistem metabolisme dalam tubuh dan baik untuk kesehatan fungsi jantung dan organ tubuh lainnya.

Tips menurunkan risiko asam urat kambuh

Menghindari makanan dan minuman pemicu asam urat adalah salah satu kunci untuk mengurangi risiko kekambuhan penyakit asam urat. Namun, ada cara lain yang dapat menurunkan asam urat kambuh selain menghindari makanan pemicu asam urat.

Beberapa cara menurunkan risiko penyakit asam urat lainnya, antara lain:

  • Memperbanyak minum cairan.
  • Meningkatkan asupan produk susu rendah lemak.
  • Meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan.
  • Melakukan olahraga secara rutin.
  • Menghindari konsumsi makanan olahan. 
  • Menurunkan berat badan, apabila Anda mengalami kelebihan berat badan.

Jika sudah menghindari makanan pemicu asam urat dan Anda masih kerap mengalami kekambuhan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dengan begitu, dokter akan memberikan arahan, seperti pemberian obat-obatan untuk menurunkan risiko penyakit asam urat.

Add a Comment