6 Jenis Pantangan Tekanan Darah Tinggi, Wajib dihindari!

2 min read

pantangan tekanan darah tinggi

Hai, sobat Dhikly. Kali ini kita membahas Jenis Pantangan Tekanan Darah Tinggi Yang Wajib dihindari. Konsumsi makanan atau minuman dengan nutrisi yang tidak dijaga dengan baik, dapat berpotensi memperburuk kondisi penyakit yang diderita.

yuk simak ulasannya dibawah ini

8 Jenis makanan pantangan tekanan darah tinggi

Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) jangan hanya mengandalkan obat-obatan dari dokter, Anda pun harus mengatur pola makan harian Anda. Hal ini sangat penting, karena sebagian besar tekanan darah tinggi disebabkan makanan tertentu.

Makanan pantangan untuk penderita darah tinggi ini harus anda hindari karena dapat memperburuk tekanan darah anda. antara lain :

Makanan yang mengandung banyak gula

Gula adalah salah satu pemicu darah tinggi. selain itu, kadar gula dalam darah yang menumpuk juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Tumpukan lemak dalam tubuh (obesitas) membuat jantung bekerja lebih keras, dan dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga inilah yang menyebabkan tekanan darah Anda tidak terkendali. Perlu diingat bahwa obesitas juga rentan dengan penyakit diabetes.

Contoh sumber makanan yang kandungan kadar gulanya tinggi, antara lain,

  1. Permen,
  2. Minuman manis,
  3. Kue kering/basah, dan sejenisnya.

Hindari makanan tersebut agar tekanan darah anda terkontrol.

Makanan berlemak

Makanan berlemak memang menggugah selera. Sayangnya, makanan yang satu ini tidak boleh dikonsumsi sering-sering dalam diet penurun darah tinggi Anda.

Berikut makanan berlemak yang harus anda hindari agar tekanan darah anda dapat terkontrol

1. Kulit ayam

Dibalik kenikmatan kulit ayam, tersembunyi minyak jenuh yang dapat menyebabkan tekanan darah anda tidak terkontrol.

Minyak jenuh juga mengandung kolesterol jahat yang cukup tinggi sehingga dapat memicu tekanan darah tinggi Anda.

2. Susu lemak tinggi

Susu yang mengandung lemak tinggi wajib anda jauhi. apalagi susu yang mengandung lebih banyak lemak dibanding sumber kalsium yang dibutuhkan tubuh.

Jika anda pengonsumsi susu, pilihlah susu yang rendah lemak atau susu skim. Susu kedelai contohnya, susu ini baik dikonsumsi penderita darah tingi dan merupakan salah satu minuman penurun darah tinggi.

3. Daging merah

Daging merah yang diolah adalah makanan dambaan sebagian besar masyarakat indonesia. Misalnya dalam bentuk steak atau dipanggang.

Tapi bagi anda penderita darah tinggi, harus berhati hati dalam mengonsumsinya, terutama daging sapi, kambing, kerbau, dan babi yang mengandung lemak jenuh lebih banyak dibanding daging lainnya.

Makanan berlemak juga tidak baik bagi jantung. untuk itu hindari daging merah atau makanan cepat saji dengan lemak lain yang termasuk lemak tidak baik.

4. Mentega

Mentega sering kali digunakan dalam memasak kue atau roti. Mentega tidak selalu buruk, hanya saja Anda harus memastikan untuk memilih mentega yang tidak mengandung lemak trans. Bagi Anda penderita hipertensi sebaiknya hindari makanan satu ini.

Baca tabel kandungan pada produk dengan teliti, sangat penting untuk selalu menghindari lemak trans dari mana pun sumbernya.

Baca juga: Makanan Penyebab Darah Tinggi

Makanan kemasan

Semua makanan yang dibeli dalam keadaan beku, pada umumnya lebih berisiko karena ditambahkan lebih banyak garam dari pada yang dijual dalam keadaan beku. Karena garam digunakan sebagai pengawet alami.

Garam atau natrium yang dikonsumsi berlebihan sangat berbahaya bagi penderita darah tinggi. Selain itu, makanan dalam kemasan juga perlu diperhatikan dalam mengonsumsinya termasuk juga saus atau sup dalam kemasan.

Dalam satu kaleng sup kemasan pada umumnya mengandung natrium kisaran 900mg sampai 2.000mg. sangat disarankan untuk mengonsumsi sup atau saus rendah garam yang dibuat sendiri dengan bahan bahan segar.

Makanan cepat saji

Kadar garam dalam makanan Fast Food pada umumnya sangat tinggi. Selain itu makanan cepat saji juga mengandung lemak trans yang dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah mengingkat.

Pada akhirnya, Kolesterol dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi kambuh lagi.

Makanan kalengan

Jenis makanan kaleng pada cenderung memiliki kadar natrium yang tinggi. Sama dengan makanan kemasan, natrium pada makanan kalengan juga berfungsi sebagai pengawet.

Jenis minuman pantangan tekanan darah tinggi

Selain makanan, minuman juga harus diperhatikan jumlah konsumsinya bagi penderita darah tinggi (hipertensi).

Berikut jenis minuman pantangan tekanan darah tinggi yang harus dihindari:

Minuman beralkohol

Dikutip dari Mayo Clinic, minum lebih dari tiga gelas minuman beralkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi meningkat sementara.

Sedangkan minum alkohol berulang dapat menyebabkan masalah tekanan darah dalam jangka panjang, hingga hipertensi kronis.

Minuman mengandung kafein

Kopi, teh, soda dan sejenisnya, tidak hanya menjadi pantangan darah tinggi, namun minuman tersebut memang perlu diperhatikan dalam mengonsumsinya.

Minuman tersebut mengandung kafein yang dapat memperburuk kodisi kesehatan bagi penderita hipertensi. Sebaiknya batasi minuman tersebut hanya 200mg perharinya atau setara dengan secangkir kopi racik dengan kapasitas 355ml.

Bagi anda penderita hipertensi sebaiknya kendalikan makanan dan minuman apa saja yang anda konsumsi. Menjalani pola hidup sehat adalah salah yang dapat lakukan untuk memelihara tetap stabil.

Konsultasikan dengan dokter untuk mendapat rekomendasi makanan yang tepat bagi Anda.

Add a Comment