6 Jenis Sayuran Yang Menyebabkan Asam Urat

2 min read

Sayuran Yang Menyebabkan Asam Urat

Hai, sobat Dhikly, Ada beberapa jenis sayuran yang menyebabkan asam urat, tentu saja hal ini wajib diketahui, sebagai pantangan bagi penderita asam urat, ataupun sebagai pengetahuan agar terhindar dari penyakit asam urat.

Salah satu jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat yaitu jenis makanan yang mengandung tinggi purin. Purin merupakan zat alami yang terkandung pada makhluk hidup. Beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi purin, yaitu makanan laut, daging sapi, jeroan, hingga sayur sayuran.

Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri pada bagian persendian yang dapat menyiksa dan mengganggu penderitanya.

Nyeri dapat terjadi pada siapa saja dan bisa terjadi pada satuan waktu yang tiba tiba, dan dapat terjadi dalam hitungan hari bahkan bisa berbulan bulan.

Maka dari itu, bagi penderita asam urat sebaiknya mematuhi agar tidak mengonsumsi makanan yang dapat membuat asam urat semakin buruk, salah satunya adalah makanan jenis sayuran yang akan kita bahas dibawah ini.

Sayuran yang menyebabkan asam urat

Pada umumnya sayuran memang merupakan makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Namun, bagi penderita asam urat, pada beberapa jenis sayuran wajib dihindari karena kandungan purin yang tinggi, seperti

1. Bayam

Sayuran pertama yang dapat menyebabkan asam urat yaitu sayur bayam. Pada sayuran ini mengandung tinggi zat besi, luteins, vitamin C, flavonoid dan beta-karoten.

Bagi penderita asam urat sayur bayam ini wajib dihindari karena kandungan purin yang tinggi, terkandung 57 gram purin pada setiap 100 gram sayuran bayam.

Kandungan purin pada bayam tersebut tergolong tinggi bila dikonsumsi penderita asam urat, karena dapat menyebabkan peradangan asam urat lebih cepat.

2. Asparagus

Sayuran yang menyebabkan asam urat selanjutnya yaitu asparagus. Pada sayuran asparagus terkandung kalium dan folat yang tinggi.

Asparagus juga merupakan salah satu sayuran yang dapat menyebabkan asam urat. Sayuran ini mengandung 23 gram purin pada setiap 100 gram sayuran asparagus.

Meskipun sayuran ini sering digunakan dalam pengobatan herbal sekalipun, tetap tidak disarankan untuk penderita asam urat, karena sayuran ini dapat meningkatkan asam urat 2 kali lebih cepat.

3. Kembang kol

Jenis sayuran ini sering kali digunakan sebagai sayuran campuran dan di sajikan dalam campuran makanan seperti capcay. Kembang kol juga termasuk sayuran yang tinggi purin, dan harus dibatasi dalam mengonsumsinya bagi penderita asam urat.

Dalam setiap 100 gram sayur kembang kol, mengandung 51 gram purin.

Baca juga: Tanda dan Gejala Asam Urat

4. Daun singkong

Pada sayuran yang menyebabkan asam urat satu ini tentu tidak asing bagi sebagian besar masyarakat indonesia, pasalnya, sayuran ini banyak digemari karena rasa yang khas dan mudah didapatkan.

Namun bagi penderita asam urat, tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi sayuran satu ini, karena dapat menyebabkan peningkatan asam urat secara drastis.

5. Biji melinjo

Jenis sayuran yang menyebabkan asam urat selanjutnya yaitu biji melinjo.

Biji melinjo sudah lama dipercaya dapat menyebabkan asam urat kambuh. Sayuran jenis satu ini dapat menyebabkan berbagai dampak bagi penderita asam urat seperti, memperburuk pembengkakan, kaku sendi hingga peradangan.

6. Kacang lentil

Kacang lentil ini tergolong sayuran yang harus dihindari bagi penderita asam urat. Kacang lentil sering diolah sebagai pelengkap sayur sup.

Sayuran jenis ini kaya akan kandungan serat sehingga bagus untuk pencernaan, tetapi sayuran jenis ini sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena mengandung purin yang tinggi sehingga tidak direkomendasikan.

Itulah 6 jenis sayuran yang menyebabkan asam urat dan wajib dihindari. Cek kesehatan anda secara berkala. Jika asam urat anda semakin buruk, cepat periksakan diri anda ke dokter terdekat, agar mendapat rekomendasi yang tepat.

Baca juga: Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat

Jenis makanan lain yang harus anda hindari

Selain sayuran tinggi purin diatas, ada juga beberapa jenis makanan yang harus anda hindari, seperti seafood, jeroan, jamur, daging merah, beberapa jenis buah seperti nangka, nanas. Selain sayuran, jenis makanan lainnnya yang juga mengandung tinggi purin sudah di bahas pada artikel Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat.

Add a Comment