7 Obat Herbal Kista Tanpa Operasi : Apakah bekerja?

4 min read

Obat Herbal Kista Tanpa Operasi

Halo, pembaca Dhikly.com. Artikel ini membahas 7 obat herbal kista tanpa operasi, apakah bisa? Yuk simak ulasannya berikut ini!.

Kista

Kista adalah benjolan keras yang diisi dengan berbagai zat yang terbentuk dalam tubuh. Terdapat banyak tipe kista, anda dapat membacanya disini.

Jenis kista yang paling umum terjadi adalah kista epidermoid, yang dapat tumbuh tepat dibawah kulit.

Dokter atau ahli bedah dapat membantu anda menghilangkan kista jenis ini. Hal tersebut adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk menghilangkan kista sepenuhnya.

Di sisi lain, anda juga dapat mencoba obat herbal kista epidermoid. Hal ini dapat membantu mengecilkan hingga mengurangi gejala yang diberikan.

Catatan

Sebelum membahas obat herbal kista, penting untuk menyampaikan beberapa poin penting, diantaranya

  • Anda tidak boleh mencoba menekan atau mengeluarkan isi kista dirumah. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi.
  • Tidak ada solusi dalam artikel ini yang diketahui atau terbukti dalam menghilangkan kista sepenuhnya. Namun, sains mengatakan obat herbal kista dapat membantu secara tidak langsung.
  • Bahkan jika beberapa obat herbal terbukti berhasil, mencoba solusi ini dapat menimbulkan risiko jika digunakan dengan tidak benar.

Ingat: Jika kista mengganggu secara estetika, terinfeksi, menyebabkan rasa sakit, atau tumbuh dengan cepat, segera periksakan diri anda ke dokter.

7 Obat Herbal Kista Tanpa Operasi

1. Kompres dengan air panas

Kompres sederhana adalah cara paling direkomendasikan dan efektif untuk mengecilkan kista.

Cara kerjanya: Panas dapat mengurangi ketebalan cairan dalam kista. Dalam kasus kista epidermoid berisi cairan, ini dapat membantu cairan mengalir lebih cepat ke sistem limfalik. Sistem ini membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan berperan dalam perlindungan terhadap infeksi.

Catatan

Meskipun obat herbal kista ini banyak direkomendasikan oleh dokter dan sumber terpercaya, masih belum ada penelitian yang menguji atau menunjukkan bahwa hal tersebut efektif. Juga masih belum ada penelitian yang mendukung tentang bagaimana cara kerjanya.

Selain itu, kompres air panas tidak menghilangkan kista secara permanen – hanya penyedia layanan kesehatan profesional yang dapat melakukannya. Meskipun metode ini tidak dijamin dapat meringankan atau mengurangi tampilan kista, hal ini patut dicoba dirumah.

Cara menggunakan

  1. Masak air bersih hingga mendidih.
  2. Campurkan dengan air bersih dingin, hingga suhu tidak terlalu panas atau dapat ditolelir kulit.
  3. Basahkan kain dengan air dan tempel pada kista selama 20 hingga 30 menit.
  4. Ulangi beberapa kali sehari.

2. Minyak pohon teh

Minyak esensial dari pohon teh ( Melaleuca alternifolia ) dapat membantu mengatasi beberapa jenis kista.

Penelitian menunjukkan minyak pohon teh memiliki aktivitas anti-mikroba. Hal ini berarti dapat membunuh bakteri, virus, jamur dan patogen lainnya

Beberapa kista disebabkan oleh rambut yang tumbuh didalam kulit. Ini terbentuk ketika folikel rambut tidak tumbuh dengan baik, yang menyebabkan infeksi kelenjar sebaceous. Ini menciptakan kantong nanah yang bisa menjadi kista, atau disebut dengan kista sebaceous.

Sebagaimana anti-mikroba, minyak pohon teh dapat membantu membunuh infeksi bakteri yang disebabkan oleh rambut yang tubuh didalam kulit.

Catatan

Secara keseluruhan, minyak pohon teh bukanlah obat herbal kista yang terbukti. Masih belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa itu dapat menghilangkan atau mencegah kista.

Tidak semua kista disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam kulit, minyak pohon teh sangat tidak mungkin untuk membantu semua jenis kista – meskipun minyak pohon teh memiliki efek samping rendah dan dapat membantu penyusutan kista.

Cara menggunakan

  1. Encerkan minyak esensial pohon teh ke dalam air bersih, dengan suhu hangat atau panas. Takaran pengenceran adalah dua hingga tiga tetes per 1 ons air.
  2. Oleskan campuran langsung ke kista beberapa kali sehari dengan air bersih.

Anda juga dapat menggabungkan aplikasi minyak pohon teh dengan obat kompres air panas diatas. Cukup tambahkan minyak esensial ke air panas dalam rasio pengenceran yang tepat.

Hindari menggunakan minyak esensial pohon teh murni langsung ke kista atau kulit tanpa di encerkan. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi atau luka bakar. Selalu encerkan minyak ini sebelum digunakan.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat alami lain yang direkomendasikan. Hal ini dapat membantu kista hingga batas tertentu.

Tidak ada penelitian yang menunjukkan cuka sari apel mengurangi kista atau menghilangkan kista.

Tapi, sama halnya minyak pohon teh, cuka sari apel terbukti memiliki sifat antimikroba. Lebih khusus, asam asetat didalamnya yang memiliki sifat antimikroba.

Catatan

Cuka sari apel mungkin hanya efektif untuk beberapa jenis kista, seperti yang disebabkan oleh bakteri atau infeksi, namun tidak ada yang bisa menjamin hal tersebut.

Cara menggunakan

  1. Campur air dengan bagian yang sama dengan cuka sari apel.
  2. Oleskan pengenceran ini langsung ke kista beberapa kali sehari.

Anda dapat menggabungkan aplikasi cuka sari pel dengan obat rumah kompres air panas. Cukup tambahkan cuka sari apel ke air panas dalam rasio pengenceran yang tepat.

Jangan sekali kali menerapkan cuka sari apel murni ke kulit. Asam asetat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, iritasi atau terbakar.

4. Lidah buaya

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Keduanya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan iritasi pada kista.

Lidah buaya juga dapat membantu mengurangi penampilan atau menyingkirkan kista tertentu yang disebabkan oleh bakteri atau patogen lainnya.

Catatan

Dalam penelitian, lidah buaya belum terbukti efektif dalam menghilangkan, mengeringkan atau mengurangi bentuk kista. Ini dapat membantu agar rasa sakit berkurang, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung hal ini sepenuhnya.

Cara menggunakan

Oleskan gel lidah buaya murni, krim atau lotion langsung ke kista yang teriritasi sesering yang diperlukan.

Hanya produk dari perusahaan terkemuka dan dapat dipercaya yang direkomendasikan untuk digunakan.

5. Minyak jarak

Minyak dari tanaman jarak (Ricinis communis) dapat membantu kista sama halnya dengan cuka sari apel atau pohon teh.

Penelitian menunjukkan minyak jarak bersifat antimikroba. Hal ini sangat efektif untuk membunuh bakteri yang hidup pada kulit, yang dapat menyebabkan jerawat dan kista.

Catatan

Minyak jarak bukanlah obat yang ampuh untuk kista. Hal ini juga tidak mungkin untuk membantu semua jenis kista, hanya jenis yang disebabkan oleh bakteri – meskipun tidak ada jaminan hal tersebut dapat membantu kista jenis tersebut.

Cara menggunakan

Pastikan untuk mendapat produk minyak jarak murni 100 persen. Hanya membeli produk dari perusahaan yang dapat dipercaya dengan reputasi baik.

  1. Letakkan satu tetes minyak jarak di jari anda dan oleskan pada kista.
  2. Terapkan sesering yang anda perlukan. Dianjurkan dilakukan beberapa kali sehari.

Hindari konsumsi minyak jarak, karena dapat beracun jika dikonsumsi.

6. Witch hazel

Witch hazel adalah pencuci topikal umum untuk jerawat. Penelitian menunjukkan hal tersebut dapat membantu jerawat karena sifat astringen dan anti-inflamasi.

Hal ini juga dapat bermanfaat bagi kista epidermoid. Mungkin saja tanin astringent witch hazel dapat membantu mengecilkan, sementara efek anti-inflamasinya dapat meredakan rasa sakit.

Catatan

Masih belum ada penelitian langsung yang menunjukkan bahwa witch hazel dapat mengobati kista.

Cara menggunakan

  1. Oleskan bola kapas dengan witch hazel
  2. Oleskan ke darah kista
  3. Ulangi beberapa kali sehari

Orang dengan kulit sensitif mungkin memiliki reaksi terhadap witch hazel, tetapi hal tersebut dapat dihindari dengan mengencerkan witch hazel dengan air.

7. Madu

Banyak orang merekomendasikan madu untuk mengobati kista, meskipun penelitian ini masih sulit ditemui. Sebuah ulasan dari penelitian terbaru menunjukkan madu memiliki anti-mikroba dan anti-inflamasi.

Catatan

Terlepas dari apa yang dikatakan sains saat ini, mungkin tidak cukup menyebutkan madu sebagai pengobatan atau penghilang kista. Menggunakan madu dapat membantu mengatasi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan kista, dan dapat meredakan kista yang disebabkan oleh bakteri.

Cara menggunakan

  1. Oleskan madu murni ke kista
  2. Biarkan madu pada kista selama beberapa jam, karena waktu yang lebih lama dapat membantu agar lebih efektif.
  3. Setelah kering, cuci madu dan oleskan kembali sesering yang anda inginkan.

Ringkasan

Itulah 7 obat herbal kista yang dapat anda lakukan di rumah.

Beberapa obat herbal kista dapat membantu dalam kista tertentu, atau jenis tertentu. Kompres air panas paling direkomendasikan oleh sumber terpercaya.

Sebelum menggunakan obat herbal kista, lakukan tes kulit: oleskan sedikit ke lengan dan tunggu selama beberapa jam untuk melihat apakah memiliki reaksi alergi. Meskipun jarang terjadi, namun bisa saja terjadi pada Anda.

Jika obat herbal kista menyebabkan ketidaknyamanan, iritasi atau gejala tidak biasa lainnya, segera hentikan dalam penggunaannya. Bicarakan dengan dokter sebagai ganti tentang perawatan kista. Ingatlah bahwa satu-satunya cara yang terbukti untuk menghilangkan kista adalah dengan dilakukannya oleh penyedia layanan kesehatan.

Referensi:
Mayo Clinic Staff. (2018). Epidermoid cysts. mayoclinic.org/diseases-conditions/sebaceous-cysts/diagnosis-treatment/drc-20352706
Jena J, et al. (2012). Ricinis communis linn : A phytopharmacological review [Abstract]. semanticscholar.org/paper/Ricinus-Communis-Linn-%3A-a-Phytopharmacological-Jena-Gupta/363c467f5328e0d1128bb9c5973c44faa2b9e970
Tejero-Sariñena S, et al. (2012). In vitroevaluation of the antimicrobial activity of a range of probiotics against pathogens: Evidence for the effects of organic acids [Abstract]. DOI: 1016/j.anaerobe.2012.08.004

Add a Comment