8 Tanda dan Gejala Batu Ginjal

3 min read

8 Tanda dan Gejala Batu Ginjal

Halo, pembaca Dhikly.com. Artikel ini akan membahas tanda dan gejala batu ginjal, apa saja sih? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Batu ginjal

Batu ginjal adalah kumpulan garam dan mineral keras yang terdiri dari kalsium atau asam urat. Mereka terbentuk di dalam ginjal dan dapat merambat ke bagian lain dari saluran kandung kemih.

Ukuran batu ginjal bervariasi. Beberapa sebesar kurang dari satu cm, namun pada kasus yang lain dapat tumbuh hingga sebesar bola pimpong atau bola golf. Pada beberapa kasus yang parah, batu ginjal diangkat beserta seluruh ginjalnya.

Batu ginjal terbentuk ketika di dalam tubuh terdapat terlalu banyak mineral tertentu. Ketika anda tidak terhidrasi dengan baik, maka urin akan menjadi lebih terkonsentrasi dengan kadar mineral tertentu yang lebih tinggi. Ketika kadar mineral lebih tinggi, kemungkinan batu ginjal akan terbentuk.

Sekitar 1 dari setiap 11 orang di Amerika Serikat menderita batu ginjal. Batu ginjal lebih sering terjadi pada pria, seseorang yang mengalami kelebihan berat badan, dan mereka yang menderita diabetes.

Batu ginjal yang berukuran kecil, pada umumnya tidak menimbulkan gejala. Anda mungkin tidak menyadari ada sesuatu yang salah hingga batu bergerak ke ureter.

Kebanyakan batu ginjal akan menghilang tanpa perlu perawatan. Namun, batu ginjal yang berukuran besar akan terasa menyakitkan. Pada beberapa kasus, anda memerlukan perawatan untuk memecah atau menghilangkan batu tersebut.

Berikut ini adalah delapan tanda dan gejala batu ginjal yang mungkin anda alami.

1. Nyeri di punggung, perut, atau samping

Nyeri batu ginjal adalah salah satu jenis nyeri paling parah yang yang bisa dirasakan. Beberapa orang yang terkena batu ginjal menyamakan rasa sakitnya dengan persalinan atau ditusuk dengan pisau.

Biasanya rasa sakit dimulai ketika sebuah batu bergerak ke ureter yang sempit. Hal ini yang menyebabkan penyumbatan, yang membuat tekanan menumpuk pada ginjal.

Tekanan mengaktifkan serabut saraf yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Nyeri batu ginjal sering terjadi secara tiba tiba. Rasa sakit sering datang dan pergi, yang disebabkan oleh ureter yang berkontraksi saat mereka mencoba mendorong batu keluar. Rasa sakit dapat datang beberapa menit lalu menghilang dan kemudian kembali lagi.

Anda akan merasakan rasa sakit disepanjang sisi dan punggung, dibawah tulang rusuk. Hal tersebut dapat menyebar ke daerah perut dan selangkangan saat batu bergerak ke bawah melalui saluran kemih.

Batu besar bisa lebih menyakitkan daripada yang kecil, namun keparahan rasa sakit tidak selalu berhubungan dengan ukuran batu. Bahkan sebuah batu kecil bisa terasa menyakitkan ketika bergerak atau menyebabkan penyumbatan.

2. Nyeri saat buang air kecil

Setelah batu mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, anda akan mulai merasa sakit saat buang air kecil. Gejala batu ginjal ini disebut dengan disuria.

Rasa sakit yang di akibatkan dapat terasa tajam atau seperti terbakar. Jika anda tidak sadar memiliki batu ginjal, anda mungkin mengira karena infeksi saluran kemih. Terkadang anda dapat mengalami infeksi bersamaan dengan batunya.

3. Sering buang air kecil

Gejala batu ginjal selanjutnya yaitu intensitas buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Rasa ingin ke kamar mandi lebih mendesak atau lebih sering daripada biasanya adalah tanda lain bahwa batu telah pindah ke bagian bawah saluran kemih anda. Anda mungkin menemukan merasakan ingin ke kamar mandi terus terusan sepanjang hari dan malam

4. Darah pada urin

Darah dalam urin adalah gejala umum pada seseorang dengan batu ginjal. Gejala batu ginjal ini disebut dengan hematuria.

Darah biasanya berwarna merah, merah muda, atau cokelat. Terkadang sel darah terlalu kecil untuk dapat dilihat tanpa mikroskop, namun dokter dapat menguji gejala ini.

5. Urin berbau tidak sedap

Air seni yang sehat, jernih dan tidak berbau. Sebaliknya, air seni yang keruh dan berbau busuk bisa menjadi tanda infeksi pada ginjal atau bagian lain dari saluran kemih anda.

Sebuah studi menemukan bahwa sekitar 8 persen orang dengan batu ginjal akut mengalami infeksi saluran kemih.

Bau pada urin dapat berasal dari bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Bau juga dapat berasal dari urin yang lebih terkonsentrasi.

6. Air kencing keluar lebih sedikit dari biasanya

Batu ginjal yang besar terkadang tersangkut pada ureter. Penyumbatan ini dapat memperlambat atau menghentikan aliran urin.

Jika anda memiliki penyumbatan, anda hanya dapat buang air kecil lebih sedikit dari biasanya. Aliran urin yang tersumbat seluruhnya merupakan keadaan darurat medis.

7. Mual dan muntah

Pada umumnya seseorang dengan batu ginjal akan mengalami mual dan muntah.

Mual dan muntah bisa menjadi cara tubuh merespons rasa sakit yang hebat.

8. Demam dan menggigil

Demam dan menggigil adalah tanda bahwa anda memiliki infeksi pada ginjal atau bagian lain dari saluran kemih. Ini bisa menjadi komplikasi serius pada batu ginjal. Ini juga bisa menjadi tanda masalah serius lainnya selain batu ginjal. Setiap demam dengan rasa sakit memerlukan perhatian medis segera.

Demam yang terjadi bersamaan dengan infeksi biasanya berkisar 38˚C atau lebih. Menggigil sering terjadi bersamaan dengan demam.

Kesimpulan

Batu ginjal adalah kumpulan garam dan mineral yang terbentuk pada ginjal dan dapat berpindah ke bagian lain dari sistem kemih anda sehingga menimbulkan gejala batu ginjal.

Batu menyebabkan gejala seperti nyeri, kesulitan buang air kecil, urin keruh atau berbau, mual dan muntah.

Beberapa batu akan lewat dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus membutuhkan gelombang suara atau operasi untuk memecahnya atau menghilangkannya.

Hubungi dokter jika anda memiliki gejala batu ginjal. Dapatkan bantuan medis segera jika anda mengalami gejala berikut ini, yang mungkin dapat menunjukkan bahwa anda memiliki infeksi atau komplikasi serius lainnya:

  • Rasa sakit yang parah hingga mengganggu aktivitas anda
  • Mual, muntah, demam atau kedinginan
  • darah pada urin
  • kesulitan buang air kecil

Referensi:
Prevalence of Kidney Stones in the United States https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3362665/
Visceral Pain Originating From the Upper Urinary Tract. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20473661/
Emergency Department Visits and Hospital Admissions for Kidney Stone Disease, 2009. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK100827/
Renal stones in pregnancy. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4934980/
Association of Pyuria and Clinical Characteristics With the Presence of Urinary Tract Infection Among Patients With Acute Nephrolithiasis. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23850311/

Add a Comment