9 Cara Mengobati Asam Lambung di Rumah

5 min read

9 Cara Mengobati Asam Lambung di Rumah

Halo pembaca Dhikly.com. Pada artikel ini kita akan membahas apa saja cara mengobati asam lambung yang bisa dilakukan di rumah. Yuk simak ulasannya berikut ini!.

Asam lambung

Penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung secara tidak normal naik menuju kerongkongan (esofagus).Hal ini terjadi pada tubuh bagian saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Asam lambung yang naik merupakan kondisi yang umum terjadi, namun dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati.

Penyebab pasti asam lambung masih belum diketahui secara jelas, namun berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan asam lambung, yaitu

  • Kondisi medis, seperti radang esofagus, gastritis, hingga gastroparesis.
  • Kelainan bawaan lambung, seperti, gastrochisis dan hernia hiatus
  • Obesitas
  • Konsumsi makanan atau minuman tertentu
  • Infeksi bakteri H. pylori
  • Merokok

Cara Mengobati Asam Lambung

Selain dengan obat, cara mengobati asam lambung dapat diatasi dengan mengelola makanan yang lebih sehat dan seimbang.

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan guna mengatasi asam lambung, meliputi

  • Makan teratur. Salah satu penyebab asam lambung naik adalah pola makan yang tidak teratur. Maka dari itu, atur jam makan yang sama setiap hari. Disarankan juga untuk tidak makan dua jam sebelum tidur karena dapat memicu naiknya asam ke tenggorokan saat tidur.
  • Hindari makan makanan ringan antara waktu makan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan sistem pencernaan kesulitan untuk mengolah makanan yang terlalu banyak. Sehingga dapat menyebabkan tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan tersebut.
  • Posisi tidur. Cara mengobati asam lambung selanjutnya yaitu merubah posisi tidur dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi dari pada tubuh bagian bawah.
  • Porsi makan. Meskipun terlihat sepele, memperhatikan porsi makan terbukti ampuh sebagai cara mengobati asam lambung. Direkomendasikan untuk makan dengan porsi kecil namun sering.
  • Hindari menekan perut. Hindari gerakan atau kegiatan yang dapat menekan lambung seperti melompat atau gerakan lainnya.
  • Kunyah makanan. Proses pencernaan makanan dimulai dari mulut, ketika proses di dalam mulut tidak maksimal maka untuk sistem pencernaan selanjutnya akan memerlukan kerja yang lebih keras. Mengunyah makanan hingga hancur perlu di perhatikan untuk penderita asam lambung.
  • Kurangi minum terlalu banyak saat makan. Minum terlalu banyak pada waktu makan dapat mencairkan asam pada lambung yang mengakibatkan makanan yang anda konsumsi lebih sulit untuk dicerna.
  • Hindari menggunakan pakaian ketat. Hal ini merupakan cara mengobati asam lambung yang dapat anda lakukan dirumah, karena penggunaan pakaian ketat dapat menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan
  • Tidur cukup. Meningkatnya asam lambung dapat diakibatkan oleh hormon stress yang salah satu penyebabnya yaitu kurang tidur.

Jenis obat asam lambung

Cara mengobati asam lambung dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat jadi atau pun obat herbal atau alami.

Obat jadi

Obat asam lambung ada yang dijual bebas dan ada juga yang membutuhkan resep dari dokter. Baik memerlukan resep atau pun tidak sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter agar asam lambung diobati dengan jenis dan takaran yang sesuai.

Obat asam lambung dijual bebas

Jenis obat ini pada umumnya dapat ditemukan dengan mudah di toko obat tradisional atau pun di apotek dan tanpa memerlukan resep dokter. Ada tiga jenis obat bebas, yaitu

  • H-2 receptor blockers. Histamin-2 receptor blockers dapat digunakan untuk mengurangi produksi asam lambung. Jenis H-2 receptor blokers, seperti nizatidine  (Axid AR), ranitidine (Zantac), cimetidine (Tagamet), dan famotidine (Pepcid).
  • Antasida. Beberapa obat jenis antasida mengandung simetikon, yaitu bahan yang dapat membantu mengurangi gas berlebihan dalam tubuh. Jenis obat antasida, seperti Malox, mylanta, gaviscon, rolaids, tums, dan gelusil.
  • Proton Pump Inhibitor (PIP). PIP adalah salah satu obat bebas yang dapat mengatasi asam lambung, dan lebih kuat dibanding jenis antasida atau H2 receptor blockers. Contoh obat jenis PIP adalah lansoprazole (Prevacid 24 HR) dan omeprazole (Prilosec).

Selalu baca cara penggunaan obat asam lambung yang tertera pada label informasi obat. Bila anda sudah mengonsumsi obat bebas dan tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri anda ke dokter.

Obat asam lambung resep dokter

Dokter mungkin akan meresepkan obat untuk mengatasi asam lambung anda. Obat asam lambung tidak jauh beda dengan yang dijual bebas, kecuali obat dengan dosis tinggi. Berikut ini adalah jenis obat yang memerlukan resep dokter, yaitu

  • H-2 receptor blockers. Contoh obat jenis H-2 receptor blockers yang memerlukan resep yaitu cimetidine, nizatidine, femotidine, dan ranitidine.
  • PIP. Contoh obat jenis PIP yang membutuhkan resep dokter seperti lansoprazole (Prevacid), omeprazole (Prilosec,Zegerid), esomeprazole (Nexium), pantoprazole (Protonix), dexlansoprazole (Dexilant) dan rabeprazole (Aciphex).
  • Baclofen (lioresal). Obat ini merupakan obat peregang otot dan penguat sfingter esofagus bagian bawah.

Jika anda masih mengalami asam lambung meskipun setelah minum obat yang diresepkan kemungkinan dokter akan merekomendasikan untuk menjalani prosedur operasi yang bertujuan untuk memulihkan fungsi otot sfingter esofagus bagian bawah.

Obat herbal atau alami

Cara mengobati asam lambung dapat dilakukan dengan mengonsumsi ramuan herbal atau alami yang bisa dibuat sendiri dirumah.

  • Jahe. Jahe memiliki sifat anti radang yang dapat mengatasi nyeri pada ulu hati dan bermanfaat untuk pencernaan lainnya.Salah satu cara menggunakan jahe untuk mengatasi asam lambung yaitu dengan cara mengolahnya sebagai minuman hangat.
  • Akar manis (licorice). Akar manis sudah lama dipercaya sebagai obat alami asam lambung dan nyeri ulu hati. Akar manis mengandung zat yang dapat mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan peradangan pada tubuh.
  • Teh chamomile. Teh ini sering digunakan untuk meredakan nyeri pada ulu hati, muntah, mual serta dipercaya untuk mengatasi susah tidur.
  • Marshmallow. Akar dan daun marshmallow dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati asam lambung, sakit diare, maag, konstipasi, hingga peradangan pada lapisan lambung, dan juga nyeri serta pembengkakan pada selaput lendir yang melapisi saluran pernapasan.

Perlu diketahui bahwa ramuan herbal masih memerlukan penelitian lebih lanjut sebagai salah satu cara mengobati asam lambung. Direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Baca juga: Asam Lambung Rendah (hiproklorhidia) : Gejala, Penyebab, Faktor risiko, Diagnosa dan Pengobatan

Makanan yang diperlukan untuk penderita asam lambung

Selain obat-obatan, anda juga disarankan mengonsumsi beberapa makanan dibawah ini, yang baik untuk lambung anda, seperti

  • Sayuran. Brokoli, asparagus, buncis, kembang kol, mentimun, kentang dan sayuran hijau adalah jenis sayuran yang sangat direkomendasikan untuk anda konsumsi.
  • Roti gandum. Menu sarapan yang terbuat dari gandum utuh merupakan sumber serat yang dibutuhkan bagi penderita asam lambung dan dapat berfungsi untuk meredakan gejala refluks.
  • Buah non-sitrus. Melon, pisang, pir dan apel merupakan jenis buah non sitrus yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.
  • Daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, makanan laut rendah lemak serta ikan dapat dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Pengolahan daging juga perlu diperhatikan, hindari mengolah dengan cara menggoreng.

Makanan yang perlu dihindari saat asam lambung naik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, cara mengobati asam lambung dengan memperhatikan asupan makanan perlu diperhatikan guna mengatasi asam lambung naik.

Jika anda merupakan penderita asam lambung naik, makanan berikut ini harus anda hindari, yaitu

1. Cokelat

Makanan ini adalah salah satu makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung. Cokelat perlu dihindari karena terdapat kandungan kafein dan stimulan seperti theobromine yang dapat menyebabkan otot sfingter melemas.

Selain itu, cokelat merupakan makanan yang mengandung lemak tinggi.

2. Minuman bersoda

Selain dapat menyebabkan perut kembung, minuman berkarbonasi dapat memicu asam lambung meningkat. Sama halnya cokelat, minuman soda mengandung kafein yang dapat menyebabkan kondisi asam di lambung semakin buruk. Oleh karena itu soda merupakan salah satu jenis minuman yang harus dihindari.

3. Gorengan

Gorengan juga merupakan makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan gorengan dapat memicu reflux. Selain itu gorengan juga dapat memicu kolesterol.

4. Alkohol

Sama halnya minuman berkarbonasi, anggur, bir dan minuman keras lainnya dapat menyebabkan reflux.

5. Susu berlemak

Susu, mentega, atau keju merupakan makanan berlemak tinggi yang dapat menyebabkan reflux. Jika anda seseorang yang menganggap susu penting untuk diminum setiap harinya, direkomendasikan untuk memilih susu yang berlemak rendah.

6. Daging berlemak

Jika anda memiliki masalah dengan asam lambung, daging berlemak juga harus anda hindari. Daging dengan lemak yang tinggi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan produksi asam meningkat.

Jika anda mengonsumsi daging berlemak dan anda mempunyai masalah asam lambung, direkomendasikan untuk membuang lemak pada daging, dan batasi makanan daging, seperti seminggu sekali.

7. Kafein

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kafein merupakan penyebab reflux. Kafein tidak hanya ditemukan pada kopi, namun teh juga mengandung kafein.

Disarankan untuk mengonsumsi teh herbal yang tidak mengandung kafein.

8. Tomat

Jika anda memiliki masalah pada lambung, sebaiknya anda menghindari konsumsi tomat. Buah ini mengandung asam malat dan asam sitrat yang dapat meningkatkan produksi asam pada lambung.

Ketika anda terlalu banyak konsumsi tomat, asam dapat mengalir hingga kerongkongan. Tidak ada alternatif lain, selain menghindari konsumsi tomat, jika pun anda mengonsumsi tomat dengan cara memanggangnya pun, hal tersebut tidak akan mengurangi asam yang terkandung.

9. Buah citrus

Buah jeruk, lemon, atau jeruk bali merupakan buah yang termasuk dalam citrus. Penelitian menyebutkan bahwa membatasi asupan makanan asam dapat mengurangi gejala refluks yang diakibatkan asam lambung yang naik hingga tenggorokan.

Referensi:
Gastroesophageal reflux disease (GERD). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940
GERD: Is the Damage Reversible?. https://www.healthline.com/health/gerd/damage-reversible

Add a Comment