18 Jenis Buah Paling Cepat Menurunkan Darah Tinggi

4 min read

Buah Paling Cepat Menurunkan Darah Tinggi

Halo sobat Dhikly, apakah kalian sudah tahu ada delapan belas jenis buah paling cepat menurunkan darah tinggi? Yuk simak ulasannya berikut ini.

18 buah paling cepat menurunkan darah tinggi

Makanan berperan sangat penting dalam mengendalikan tekanan darah. Pasien hipertensi pada umumnya dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam karena dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah yang kaya akan kandungan kalsium, kalium dan magnesium-nya.

Berikut adalah daftar buah paling cepat menurunkan darah tinggi

1. Buah pisang

pisang adalah salah satu buah paling cepat menurunkan darah tinggi. Karena, pisang mengandung kalium yang dapat membantu menyeimbangkan jumlah garam dalam tubuh, sehingga tekanan darah terkontrol.

Dalam pisang terkandung 1% kalsium, 12% kalium, dan 8% magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh. Pisang juga mengandung serat, mangan, antioksidan, vitamin C, vitamin B6, dan magnesium.

Anda dapat memakan pisang dalam bentuk utuh ataupun dalam bentuk olahan, seperti, dengan memanggang, mencampurkan ke dalam sereal ataupun membuatnya menjadi jus.

Bila anda sedang menjaga asupan gula, disarankan untuk memilih pisang yang belum terlalu matang atau yang masih berwarna hijau karena gula yang terkandung lebih rendah dan serat lebih tinggi.

2. Buah semangka

Semangka mengandung berbagai zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya, vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalium. Semangka juga memiliki kandungan L-citrulline yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah.

3. Buah anggur

Buah paling cepat menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah anggur. Di dalam anggur terdapat kandungan Polifenol yang berguna untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan ini dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Buah anggur juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, menjadikan buah ini aman di konsumsi setiap hari bahkan efektif mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi.

Pilihlah buah anggur dengan kualitas terbaik. Anggur mengandung 166 mg kalium pada tiap 123 gram nya, artinya dengan 123 gram buah anggur sudah memenuhi 5% dari nilai harian kalium yang direkomendasikan.

4. Buah kiwi

Buah kiwi mengandung folat, vitamin c, vitamin e, dan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, seseorang yang rutin mengkonsumsi 3 buah kiwi dalam sehari mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan.

Pada satu buah kiwi terkandung 2% kalsium, 9% kalium, 7% magnesium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Sama halnya buah jeruk, buah kiwi juga termasuk sumber vitamin C yang lainnya, bahkan pada ukuran yang sama kandungan vitamin C lebih banyak terkandung pada buah kiwi.

5. Buah delima

Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi buah delima lebih dari satu cangkir selama seminggu ternyata efektif untuk menurunkan tekenan darah tinggi.

Buah delima terkandung nutrisi vitamin C, vitamin K, folat, serat, dan kalori yang tinggi. Para peneliti juga menduga kandungan polifenol dan kalium pada buah delima inilah yang efektift menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Buah bit

Buah paling cepat menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah buah bit. Menurut para peneliti, 6 jam setelah seseorang mengkonsumsi buah bit, para peneliti menemukan penurunan tekanan darah sistololik yang signifikan.

Hal ini didukung dengan kandungan nitrat di dalam buah bit yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Tidak hanya mengandung nitrat yang tinggi, buah bit juga mengandung potasium yang tinggi yang berperan dalam fungsi pembuluh darah.

Anda dapat mengkonsumsi buah bit dengan berbagai olahan, seperti dibuat salad, dipanggang, namun cara yang umum digunakan dan paling efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan cara dihacurkan lalu diperas hingga mengeluarkan sari buah bit. sari tersebutlah yang efektif diminum untuk mengontrol tekanan darah tinggi Anda.

7. Buah jeruk

Buah jeruk dikenal dengan vitamin C di dalamnya, perlu diketahui bahwa vitamin C memang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh seseorang. Vitamin C juga merupakan salah satu penyebab tekanan darah tinggi turun.

Pada buah jeruk tidak hanya terkandung vitamin C saja. Tetapi juga mengandung banyak vitamin A, folat, thiamin, potasium dan antioksidan. Zat tersebut juga merupakan penyebab dalam penurunan tekanan darah tinggi pada seseorang.

8. Buah alpukat

Pada buah alpukat mengandung serat, potasium, folat, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, asam pantotenat yang baik untuk pembuluh darah Anda.

Pada setengah potong buah alpukat terkandung 1 persen kalsium, 10 persen kalium, dan 5 persen kalium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Selain itu buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang aman bagi kesehatan jantung Anda.

Anda dapat mengkonsumsi buah alpukat olahan seperti, dibuat jus, saus tauco, salad, dan lain lain.

9. Buah beri

Stawberri, blueberry, raspberry, dan buah berry lainnnya memiliki kandungan alntioksidan falvonoid yang tinggi sehingga dapat mengurangi risiko Anda terkena darah tinggi.

Antioksidan pada buah beri juga berfungsi untuk membantu tubuh melawan radikal bebas.

Baca juga: Pantangan Bagi Penderita Darah tinggi

10. Kelapa

Buah paling cepat menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah kelapa. Dengan mengkonsumsi air yang terdapat dalam kelapa adalah salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Air pada kelapa ini mengandung banyak elektrolit, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf, otot, dehidrasi, dan dapat menyeimbangkan kadar PH dalam tubuh.

11. Aprikot kering

Aprikot kering adalah makanan yang dapat dipilih untuk menjaga tekanan darah tinggi Anda.

Aprikot mengandung potasium yang tinggi dan merupakan sumber vitamin E dan vitamin A.

Namun, jika anda mengkonsumsi aprikot kering dalam kemasan, disarankan untuk membatasi dalam mengkonsumsi nya, karena tambahan gula yang terkandung di dalamnya.

12. Buah melon

Pada buah melon terkandung Vitamin A, Vitamin C< dan kalium yang sangat baik bagi tubuh Anda. Pada 173 gram melon terkandung 484 mg kalium, dengan memakan 173 gram melon ini artinya anda sudah memenuhi 14 persen dari nilai kebutuhan tubuh harian yang direkomendasikan.

selain itu melon juga mengandung asam folat, magnesium dan vitamin B6.

13. Buah jambu biji

Sebuah studi kasus yang di lakukan di india, makan jambu biji sebelum makan siang atau sebelum makan malam sangat disarankan bagi penderita hipertensi. Pada buah jambu biji terkandung kadar kalium yang tinggi dan kaya akan serat alami.

Hal ini menjadikan buah jambu biji selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi juga berfungsi melancarkan pencernaan sehingga dapat membantu dalam menjaga berat badan tubuh Anda.

14. Buah tomat

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang dapat di antisipasi dengan buah tomat. Pada buah tomat terkandung Likopen, yang juga berfungsi sebagai pencegahan gangguan kesehatan lainnya seperti diabetes dan penuaan dini.

Tomat disarankan untuk dikonsumsi pada saat masih segar, dan hindari buah tomat dalam kemasan karena terdapat zat tambahan didalamnya.

Baca juga : Makanan penyebab darah tinggi

15. Buah prem / prune

Buah paling cepat menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah buah prem. Menurut penelitian buah ini baik untuk kesehatan termasuk bagi penderita hipertensi.

Buah prem dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh sehingga tekanan darah akan menurun. Selain itu buah ini juga mengandung Laksatif yang dapat membantu menyembuhkan konstipasi.

16. Buah peach

Sebuah peach yang berukuran sedang, mengandung 1 persen kalsium, 8 persen potasium dan 3 persen magnesium, sehingga sangat baik bagi tubuh Anda.

17. Buah mengkudu

Buah mengkudu mengandung banyak sekali zat di dalamnya, termasuk potasium. beberapa zat yang terkandung juga berfungsi dalam perbaikan sel dalam tubuh.

Mengkudu juga dapat menjadi antioksidan di dalam tubuh karena banyak mengandung vitamin, mineral, dan beberapa senyawa lainnya.

18. Buah mentimun

Menurut para peneliti, buah mentimun efektif dalam menurunkan tekanan darah dalam tubuh, karena mengandung magnesium, serat, dan kalium yang tinggi.

Selain itu mentimun juga merupakan sumber vitamin A, vitamin K, asam folat, silika, asam caffeic, dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan kuat sehingga dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Itulah beberapa jenis buah paling cepat menurunkan darah tinggi yang dapat anda coba untuk mengatasi darah tinggi atau hipertensi. Periksakan diri anda ke dokter agar mendapat rekomendasi dan tanyakan denga cara diatas, cara yang mana yang efektif untuk diri anda.

Karena pada tiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda, dan cobalah untuk merubah pola hidup anda menjadi lebih sehat.

Add a Comment