Diet Diabetes Gestasional Yang Harus Anda Ketahui

3 min read

diet diabetes gestasional

Halo, pembaca Dhikly.com. Artikel ini akan membahas apa itu diet diabetes gestasional dan lainnya yang harus anda ketahui. Yuk simak ulasannya berikut ini!.

Apa itu diabetes gestasional?

Diabetes gestasional adalah kondisi dimana tubuh memiliki kadar gula darah yang tinggi selama kehamilan.

Tes diabetes gestasional biasanya dilakukan antara minggu ke 24 dan 28 kehamilan. Jika anda memiliki faktor risiko diabetes, dokter akan melakukan tes pada awal kehamilan.

Jika anda menderita diabetes gestasional, anda perlu melakukan tes 6 hingga 12 minggu setelah melahirkan untuk mengetahui apakah diabetes tersebut masih ada.

Diabetes gestasional biasanya sembuh setelah kelahiran, meskipun faktor risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Diabetes gestasional meningkatkan risiko memiliki bayi kelebihan berat badan, yang dapat menyebabkan masalah dalam kelahiran. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko memiliki bayi dengan hipoglikemia (gula darah rendah). Distres pernapasan, ikterus, dan kadar kalsium dan magnesium yang rendah juga sering terjadi pada bayi yang ibunya menderita diabetes gestasional.

Mengubah diet diabetes gestasional biasanya merupakan metode pertama perawatan untuk diabetes gestasional.

Pedoman nutrisi pada diet diabetes gestasional

pada diet diabetes gestasional, Jumlah kalori yang harus anda konsumsi setiap harinya tergantung pada sejumlah faktor, seperti berat badan dan tingkat aktivitas anda. Wanita hamil pada umumnya harus meningkatkan konsumsi kalori hingga 300 kalori setiap harinya.

Dokter akan merekomendasikan anda untuk makan tiga kali dan dua sampai tiga kali makan camilan setiap harinya. Makan makanan kecil namun sering dapat membantu menjaga kadar gula darah anda stabil.

Dokter juga mungkin akan merekomendasikan anda untuk memantau kadar gula darah anda dalam membantu mengelola diabetes gestasional.

Menguji gula darah setelah makan dapat digunakan sebagai pemantau bagaimana makanan tersebut memengaruhi gula darah anda. Dokter akan memberitahu seberapa banyak atau batasan angka kadar gula darah yang baik bagi tubuh anda.

Pada umumnya, selama kehamilan anda harus menjaga kadar gula darah kurang dari 95 mg/dL sebelum makan, tidak lebih tinggi dari 140 mg/dL pada satu jam setelah makan, dan tidak lebih tinggi dari 120 mg/dL dua jam setelah makan.

Anda mungkin akan mengalami peningkatan kadar gula darah pada pagi hari meskipun anda belum makan. Hal ini dikarenakan hormon yang dikeluarkan pada saat malam hari dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bagi beberapa orang, makan camilan sebelum tidur dapat membantu dalam mengelola gula darah. Namun pada beberapa orang yang lain, mengelola karbohidrat yang dimakan adalah hal yang harus diperhatikan.

Menguji kadar gula darah dapat membantu anda dan dokter dalam menentukan rencana makan harian yang terbaik bagi anda.

Dokter juga akan merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi multivitamin prenatal, suplemen zat besi, atau suplemen kalsium. Hal ini dapat membantu anda memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral selama kehamilan, dan memantau bayi agar dapat berkembang secara normal.

Karbohidrat

Pada diet diabetes gestasional jumlah karbohidrat penting untuk diperhatikan.

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Anda harus berhati-hati dengan makanan harian anda. Ukur dan catat porsi makanan harian anda, sehingga anda dapat memantau dan lebih mudah dalam mengatur porsi makan pada saat gula darah anda meningkat.

Perlu diingat bahwa makan terlalu sedikit karbohidrat juga dapat menyebabkan masalah. Itulah sebabnya pelacakan dan pencatatan sangat dibutuhkan.

Anda dapat melacak karbohidrat dengan menghitung gram karbohidrat di setiap makanan dan camilan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk informasi lebih lanjut.

Anda harus mencoba mengonsumsi karbohidrat setiap kali anda makan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi tubuh setiap harinya. Hal ini juga dapat membantu menjaga kadar gula darah anda tetap stabil dan menghindari lonjakan gula darah.

Pati dan biji-bijian menyediakan karbohidrat yang baik bagi tubuh. Anda harus memilih pati dengan serat yang tinggi dan dibuat dengan biji-bijian utuh. Beberapa pilihan sumber karbohidrat yang dapat anda masukkan dalam konsumsi harian anda, seperti:

  • Roti gandum atau gandum
  • Nasi merah dan pasta, soba, atau bayam
  • Sereal gandum utuh
  • Kacang-kacangan, seperti kacang hitam atau kacang merah
  • Sayuran bertepung, seperti kentang dan jagung

Susu dan yogurt juga menyediakan karbohidrat bagi tubuh. Susu adalah bagian yang penting anda pertimbangkan dalam menu harian anda karena ia juga memasok kalsium dan protein. Kalsium penting untuk kesehatan tulang.

Susu rendah lemak merupakan pilihan yang baik untuk anda konsumsi selama kehamilan jika anda juga mengatur kenaikan berat badan selama kehamilan.

Susu kedelai juga dapat anda pilih bagi vegetarian atau orang yang memiliki intoleransi laktosa. Susu kedelai juga mengandung karbohidrat.

Susu almond atau rami bukanlah sumber karbohidrat namun dapat membantu anda jika anda perlu membatasi karbohidrat pada makanan tertentu tapi masih menginginkan produk jenis susu. Pastikan memilih varietas susu tanpa pemanis untuk mengelola asupan karbohidrat anda.

Buah-buahan juga mengandung karbohidrat. Buah utuh mengandung serat tinggi dan lebih baik daripada jus atau buah kalengan yang dikemas dengan gula.

Permen juga memiliki kandungan karbohidrat. Anda harus benar benar memperhatikan konsumsi permen dengan cermat dalam diet diabetes gestasional anda, karena makanan ini dapat meningkatkan gula darah anda lebih cepat. Makanan manis biasanya memiliki kandungan karbohidrat yang lebih kecil daripada makanan karbohidrat lainnya.

Sayuran

Sayuran juga memiliki kandungan karbohidrat yang baik bagi tubuh, seperti sayuran hijau, brokoli, atau jenis sayuran yang memiliki karbohidrat lebih tinggi seperti halnya sayuran bertepung seperti kentang, jagung dan kacang polong. Pastikan anda memeriksa kandungan karbohidrat sayuran anda sehingga anda tahu berapa banyak karbohidrat yang anda makan.

Sangat penting untuk mengkonsumsi berbagai macam sayuran untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi dan ibu. Makanlah tiga hingga lima porsi sayuran setiap hari.

Satu porsi sayuran sama dengan:

  • 1 cangkir sayuran berdaun
  • ½ cangkir sayuran cincang
  • ¾ cangkir jus sayuran

Anda harus mencoba makan berbagai sayuran setiap hari karena didalamnya mengandung zat gizi dan antioksidan.

Protein

Protein merupakan komponen penting dari diet diabetes gestasional. Sebagian besar sumber protein tidak mengandung karbohidrat dan tidak meningkatkan gula darah, namun pastikan untuk memeriksa jenis sumber protein vegetarian, karena beberapa jenis sumber protein memiliki kandungan karbohidrat di dalamnya, seperti kacang-kacangan.

Sebagian besar wanita dengan diabetes gestasional membutuhkan dua hingga tiga porsi protein setiap harinya. Satu porsi protein sama dengan:

  • 3 ons daging yang dimasak
  • 1 butir telur
  • ½ cangkir kacang
  • 1 ons kacang
  • 2 sendok makan mentega kacang
  • ½ cangkir yogurt

Untuk mengurangi asupan lemak, pilih daging tanpa lemak atau tanpa kulit.

Lemak

Lemak tidak meningkatkan gula darah karena mereka tidak mengandung karbohidrat. Namun, lemak adalah sumber kalori terkonsentrasi. Jika anda dalam proses pengurangan berat badan, anda harus mengatur banyaknya konsumsi lemak harian anda. Lemak sehat sangat penting bagi ibu hamil dan bayinya, seperti yang terkandung pada kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, dan minyak canola.

Untuk kesehatan secara keseluruhan, batasi lemak jenuh seperti lemak daging serta lemak trans. Lemak trans pada umumnya terdapat pada makanan olahan. Hal ini juga harus diperhatikan pada rencana diet diabetes gestasional anda.

Sumber:
Dietary recommendations for gestational diabetes. (n.d.). https://www.ucsfhealth.org/education/dietary-recommendations-for-gestational-diabetes
Mayo Clinic Staff. (2017). Gestational diabetes: Overview. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gestational-diabetes/symptoms-causes/syc-20355339

Add a Comment