Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes Tipe 1

4 min read

Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes Tipe 1

Halo, pembaca Dhikly.com. Artikel ini akan membahas tentang diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1 yang harus anda ketahui. Yuk simak ulasannya berikut ini!.

Apa itu diet sehat untuk diabetes tipe 1?

Melakukan gaya hidup yang sehat sangat penting dalam manajemen diabetes tipe 1. Diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1 dirancang untuk memberikan nutrisi maksimum, dalam hal memonitor karbohidrat, protein dan lemak.

Hal ini melibatkan kesadaran akan bagaimana anda makan dan bagaimana tubuh anda akan merespons makanan tertentu.

Mengapa harus melakukan diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1?

Orang dengan diabetes tipe 1 perlu memonitor kadar gula darahnya. Tanpa diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1, olahraga dan terapi insulin yang tepat, seseorang dengan diabetes tipe 1 dapat mengalami komplikasi kesehatan.

Komplikasi yang terkait dengan diabetes tipe 1, meliputi

  • Masalah penglihatan
  • Tekanan darah tinggi, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan sirkulasi yang buruk
  • Kerusakan ginjal
  • Kerusakan saraf
  • Luka dan infeksi kulit, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan dapat menyebabkan kematian jaringan.

Mengikuti pedoman diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1 yang tepat dapat membantu mengurangi gejala pada diabetes tipe 1 dan membantu anda menghindari komplikasi kesehatan lainnya. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas hidup anda secara keseluruhan.

Diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1

Tidak ada diet standart yang dapat digunakan untuk penderita diabetes. Ahli gizi atau ahli diet dapat membantu anda membuat rencana makan dan membuat daftar diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1 yang cocok untuk anda dalam jangka panjang.

Beberapa keadaan membuat anda mengonsumsi makanan cepat saji seperti ketika sedang bepergian, kekurangan stok makanan dan lainnya. Namun, hal ini perlu diingat bahwa makanan tersebut mengandung nutrisi yang sangat sedikit dan tinggi lemak, gula dan garam. Merencanakan makanan sebelumnya dan berbelanja secara rutin dapat membantu mengurangi “makan darurat” apapun.

Dapur makanan sehat yang lengkap juga dapat mengurangi gula, karbohidrat, natrium dan lemak yang tidak perlu yang dapat menyebabkan gula darah meningkat.

Aspek penting dari setiap diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1 adalah konsistensi. Beberapa yang harus anda perhatikan adalah

  • Jangan melewatkan waktu makan
  • Coba untuk makan di waktu yang hampir sama setiap harinya
  • Perhatikan kandungan makanan pada label makanan

Insulin

Penting juga untuk bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan anda untuk menghitung dosis insulin yang tepat untuk asupan karbohidrat anda.

Terdapat dua jenis cakupan insulin:

  • Bolus, ditentukan sebagai rasio insulin terhadap karbohidrat dan mewakili beberapa gram karbohidrat yang dicakup oleh 1 unit insulin.
  • Basal, merupakan dosis insulin latar belakang yang digunakan untuk menggantikan insulin semalaman, saat anda berpuasa atau disela waktu makan.

Menemukan keseimbangan antara karbohidrat dan insulin yang tepat sangat penting dalam mencegah gula darah tinggi atau rendah. Selain itu, penting untuk memantau tingkat aktivitas dan dampaknya terhadap gula darah dan obat-obatan anda.

Olahraga

Menurut American Diabetes Association, aktivitas fisik secara teratur penting untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan keseluruhan terlepas dari jenis diabetes yang anda miliki.

Untuk mempelajari bagaimana berbagai jenis aktivitas memengaruhi anda, penting untuk memeriksa gula darah sebelum, selama dan setelah berolahraga.

Tingkat gula darah yang disarankan

Menurut Mayo Clinic, kisaran yang direkomendasikan untuk gula darah siang hari adalah antara 80 dan 130 mg/dL darah. Dua jam setelah makan, gula darah anda tidak boleh lebih tinggi dari 180 mg/dL

Memulai diabetes tipe 1

Sangat penting untuk memasukkan makanan bergizi yang tinggi vitamin dan mineral dalam menu harian anda. Untuk rekomendasi kesehatan umum, memilih lemak sehat, protein dan karbohidrat pada makanan harian, penting untuk dilakukan.

Jika anda mengalami kesulitan mengelola diabetes tipe 1, komunikasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk membantu mengelola obat dan waktu makan anda. Anda juga harus mendiskusikan porsi karbohidrat per makanan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Anda juga perlu mempertimbangkan olahraga dan menentukan kebutuhan karbohidrat untuk harian anda.

Karbohidrat

Terdapat tiga jenis karbohidrat, yaitu pati, gula dan serat.

Ketiganya terdapat pada kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, pasta atau roti. Karbohidrat berubah menjadi gula dalam saluran pencernaan dan kemudian diserap ke dalam aliran darah. Hal ini dapat meningkatkan kadar glukosa anda.

Sangat penting untuk mengelola asupan karbohidrat jika anda menderita diabetes tipe 1. Beberapa karbohidrat akan bertindak lebih cepat pada gula darah daripada yang lain. Jika anda mengalami kadar gula darah rendah, pilihlah karbohidrat cepat yang mudah dicerna dan diserap ke dalam aliran darah.

Biasanya, dimulai dengan konsumsi 15 gram karbohidrat terlebih dahulu. Kemudian periksakan kembali gula darah anda, dan tambah 15 gram lagi jika gula darah masih rendah.

Contoh karbohidrat yang dapat bekerja cepat dan memiliki 15 gram karbohidrat, meliputi:

  • ¼ cangkir jus buah
  • 1 buah segar kecil (4 ons)
  • 4 hingga 6 kerupuk
  • 2 sendok makan kismis
  • 1 sendok makan madu

Buah-buahan

Buah adalah sumber gula alami dan harus dihitung sebagai karbohidrat jika anda memasukkannya dalam tabel diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1. Anda dapat memilih buah segar atau beku.

Penting untuk memahami berapa banyak karbohidrat dalam porsi buah tertentu. Hal ini akan membantu anda dalam mengatur gula darah dan insulin anda.

Contoh porsi buah yang mengandung 15 gram karbohidrat, meliputi:

  • ½ cangkir buah kaleng
  • ¼ cangkir buah kering
  • 1 buah segar kecil
  • 3 ons anggur
  • 1 cangkir melon atau beri
  • ½ cangkir jus buah

Ingatlah bahwa anda tidak harus membatasi diri hanya 15 gram per makanan atau makanan ringan. Tetapi penting untuk mengetahui berapa banyak karbohidrat dalam porsi tertentu berdasarkan kebutuhan insulin dan keseluruhan rencana manajemen gula darah.

Sayuran

Pati adalah bentuk gula yang secara alami terdapat pada banyak jenis sayuran, seperti kentang, jagung dan kacang polong. Sayuran bertepung mengandung lebih banyak karbohidrat daripada sayuran lain dan harus dimakan dalam jumlah sedang dan diperhitungkan saat menghitung asupan karbohidrat anda.

Sayuran yang tidak mengandung zat tepung memiliki dampak yang lebih rendah pada gula darah anda dan lebih kaya akan vitamin, mineral, serat dan phytochemical. Anda bisa makan hingga tiga cangkir sayuran jenis ini setiap kali makan tanpa berdampak besar pada gula darah anda.

Hitung tiga cangkir sebagai 15 gram karbohidrat. Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis sayuran, seperti

  • Sayuran berdaun hijau
  • Asparagus
  • Bit
  • Wortel
  • Seledri
  • Timun
  • Bawang
  • Paprika
  • Kecambah
  • Tomat

Selalu pilih sayuran segar atau beku tanpa tambahan garam atau saus.

Sayuran bertepung yang memiliki 15 gram karbohidrat, seperti

  • 3 ons kentang panggang
  • ½ cangkir jagung
  • ½ cangkir ubi jalar atau kentang rebus
  • ½ cangkir kacang polong
  • ½ cangkir labu

Biji-bijian

Biji-bijian mempunyai kandungan yang bergizi dan berserat. Disarankan bahwa setidaknya 50 persen dari biji-bijian yang dimakan harus utuh. Nasi merah, sereal bekatul, dan roti gandum merupakan sumber yang bagus.

Baca label dan perhatikan kandungan asupan total dalam satu bungkus makanan untuk memastikan gula darah anda dapat dikendalikan.

Protein dan lemak

Protein sangat penting dalam memelihara otot dan memperbaiki luka, sementara lemak yang sehat diperlukan untuk fungsi otak dan jantung yang optimal.

Protein ditemukan dalam kacang-kacangan dan telur serta daging. Contoh lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Meskipun protein dan lemak tidak akan secara langsung meningkatkan gula darah anda, para ahli merekomendasikan agar anda membatasi asupan daging olahan atau lemak, yang mengandung kadar lemak jenuh dan natrium yang tinggi.

Walaupun zat zat ini tidak memiliki efek langsung pada gula darah, makan terlalu banyak dapat memiliki efek kesehatan yang berbahaya, terutama penyakit jantung.

Kapan harus makan

Mengetahui kapan harus makan sama pentingnya dengan mengetahui apa yang harus dimakan.

Mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih kecil secara progresif sepanjang hari dapat membuat gula darah anda lebih mudah dipantau dan mencegah gula darah meningkat.

Dokter dan ahli diet dapat membantu anda dalam merencanakan diet sehat untuk penderita diabetes tipe 1 dan menghitung kebutuhan insulin anda yang tepat untuk mendukung asupan karbohidrat dan menghindari gula darah meningkat.

Olahraga dan aktivitas fisik dapat menurunkan gula darah. Jika anda melakukan olahraga yang intens, anda harus mengukur gula darah sebelum dan sesudah berolahraga. Hal ini akan memberitahu berapa banyak yang harus anda makan untuk mempertahankan kesehatan anda.

Add a Comment