Fakta Tentang Kolesterol Buruk (Kolesterol LDL)

2 min read

Fakta Tentang Kolesterol LDL (Jenis Kolesterol Buruk)

Halo, pembaca Dhikly.com. Artikel ini akan membahas tentang kolesterol LDL atau jenis kolesterol buruk yang perlu anda ketahui. Yuk simak ulasannya berikut ini!.

Kolesterol

Kolesterol merupakan zat lilin yang bersirkulasi dalam darah anda. Kolesterol dibentuk oleh hati untuk memenuhi kebutuhan tubuh dari lemak dalam makanan yang anda makan. Tubuh akan menggunakan kolesterol untuk membentuk sel, hormon, dan vitamin D.

Koloesterol tidak larut dalam darah. Sebaliknya, ia akan berikatan dengan pembawa yang disebut dengan lipoprotein. Lipoprotein terdiri dari lemak di bagian dalam dan protein dibagian luar.

Kolesterol baik dan kolesterol buruk

Terdapat dua jenis kolesterol yang dibawa oleh berbagai jenis lipoprotein yaitu Low Density Lipoproteins (LDL) atau lebih dikenal dengan kolesterol buruk dan High Density Lipoproteins (HDL) atau sering disebut dengan kolesterol baik.

Kolesterol LDL yang tinggi dalam tubuh dapat berdampak buruk, seperti menumpuknya pada arteri sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol HDL membawa kolesterol dari bagian lain dari tubuh kembali ke hati. Kemudian hati akan memproses kolesterol keluar dari tubuh. Sangat penting untuk memiliki kadar kedua jenis kolesterol pada nilai normal atau pada nilai yang sehat.

Bahaya kolesterol tinggi pada tubuh

Jika kadar kolesterol pada tubuh terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan penumpukan pada arteri anda. Endapan di dinding pembuluh darah tersebut dapat mengeras dan mempersempit pembuluh darah. Hal ini disebut dengan aterosklerosis.

Pembuluh darah yang lebih sempit akan mengangkut darah yang kurang kaya akan oksigen. Ketika oksigen tidak dapat mencapai otot jantung, anda dapat mengalami serangan jantung. Jika hal itu terjadi pada otak, maka anda bisa terserang stroke.

Kolesterol sehat

Kadar kolesterol diukur dalam miligram (mg) per desiliter (dL) darah. Kadar kolesterol total yang sehat (jumlah HDL dan LDL) harus tetap berada di bawah 200 mg/dL.

Angka tersebut dapat dirinci sebagai berikut:

  • Kolesterol LDL atau kolesterol buruk dapat diterima tubuh (dianggap normal) ketika berada dibawah angka 160 mg/dL, 130 mg/dL, atau 100 mg/dL. Angka tersebut tergantung dari faktor risiko anda untuk penyakit jantung.
  • Kolesterol HDL atau kolesterol baik harus setidaknya 35 mg/dL dan lebih baik jika lebih tinggi dari angka tersebut. Hal itu dikarenakan, semakin banyak HDL dalam tubuh seseorang, maka semakin baik juga perlindungan orang tersebut dari penyakit jantung.

Kapan harus periksa?

Setiap orang harus memeriksakan kadar kolesterolnya, dimulai pada usia 20 tahun, dan melakukan cek rutin setiap lima tahun.

Pria harus memantau kadar kolesterol mereka secara teratur pada saat mendekati usia 45 tahun. Wanita lebih cenderung memiliki kadar kolesterol lebih rendah daripada pria hingga menopause, dimana pada saat itu level mereka mulai meningkat. Untuk itu wanita harus mulai memeriksa kadar kolesterol secara teratur sekitar pada usia 55 tahun.

Faktor risiko kolesterol tinggi

Terdapat sejumlah faktor yang membuat anda berisiko mengalami lonjakan kolesterol pada tubuh.

Kadar kolesterol meningkat seiring dengan bertambahnya usia, terutama pada wanita setelah menopause. Keturunan juga berperan, karena gen dapat menentukan sebagian besar kolesterol yang dihasilkan oleh hati.

Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengurangi risiko lainnya. Aktivitas fisik dapat mengurangi kadar kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik. Seperti halnya mengurangi jumlah lemak jenuh dalam makanan, mengurangi berat badan juga dapat membantu anda mengurangi risiko kolesterol meningkat.

Jika anda merokok, disarankan untuk berhenti, karena dapat merusak pembuluh darah anda.

Pencegahan

Menurunkan berat badan dan berolahraga

Anda direkomendasikan untuk berolahraga setidaknya dua jam tiga puluh menit setiap minggunya, atau hampir tiga puluh menit setiap harinya.

Kegiatan fisik dapat menurunkan LDL dan dapat meningkatkan HDL anda. Hal ini juga berfungsi dalam menurunkan berat badan anda. Jika anda kelebihan berat badan, dengan kehilangan 5 hingga 10 persen saja, anda sudah membuat dampak besar pada penurunan kolesterol anda.

Makan makanan yang sehat

Cobalah untuk mengurangi lemak jenuh dalam makanan harian anda. Karena lemak jenuh dapat menjadi sumber kolesterol buruk berkembang dalam tubuh anda. Lemak jenuh dapat ditemukan dalam susu dan daging berlemak, jadi ketika anda mengonsumsi daging, pastikan anda sudah memilih daging tanpa lemak.

Hindari lemak trans, yang dapat ditemukan dalam makanan yang di panggang atau dikemas secara komersial seperti kue dan kerupuk.

Makan biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran agar tubuh anda tetap sehat.

Catatan

Tes kolesterol anda, terutama jika anda berisiko. Jika kolesterol anda tinggi diatas normal, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui rencana perawatan yang terbaik untuk anda.

Dokter mungkin akan meresepkan anda statin. Statin dapat menurunkan kadar LDL anda secara signifikan. Obat lain juga tersedia untuk mengobati kolesterol anda jika statin saja tidak efektif atau anda memiliki kontraindikasi untuk penggunaan statin.  

Sumber:
What is cholesterol? (n.d.). https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/blood-cholesterol
Mayo Clinic Staff. High cholesterol. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800

Add a Comment