Jahe Untuk Asam Lambung : Apakah Bekerja?

2 min read

Jahe Untuk Asam Lambung : Apakah Bekerja?

Halo pembaca Dhikly.com. Artikel ini akan membahas apakah jahe untuk asam lambung dapat bekerja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Jahe untuk asam lambung

Mungkin anda sudah mencoba mengatasi asam lambung dengan berbagai perawatan untuk menghilangkannya. Selain obat-obatan bebas, dan perubahan gaya hidup dapat membantu. Pengobatan alami seperti jahe, juga dapat meringankan gejala anda.

Jahe banyak ditemui dijadikan bahan utama obat obatan Cina. Pada dosis yang kecil, jahe berfungsi sebagai obat anti-inflamasi pada sistem tubuh. Namun jika anda mengonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, dapat menyebabkan gejala yang anda alami menjadi lebih buruk.

Lalu apa saja manfaat jahe?

  • Dosis yang kecil, jahe dapat meredakan iritasi saluran cerna.
  • Jahe dapat mengurangi kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan
  • Jahe dapat mengurangi peradangan. Hal ini dapat meredakan gejala refluks asam.

Pada jahe terkandung antioksidan dan bahan kimia yang bermanfaat bagi tubuh.

Senyawa fenolat pada jahe dapat meredakan iritasi saluran cerna dan dapat mengurangi kontraksi pada lambung. Hal tersebut berarti jahe dapat mengurangi kemungkinan asam mengalir dari perut menuju kerongkongan.

Sebuah Studi tahun 2011 menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi suplemen jahe, gejala peradangan berkurang dalam waktu satu bulan.

Sifat anti-inflamasi pada jahe menjadi perhatian khusus bagi para peneliti, terutama jika dikaitkan dengan refluks asam. Hal ini dikarenakan peradangan pada kerongkongan merupakan ciri khusus asam lambung.

Jahe juga dapat mengurangi rasa mual, mencegah nyeri otot hingga mengurangi pembengkakan.

Bagaimana menurut para peneliti?

Meskipun sifat anti-inflamasi pada jahe efektif dalam mengatasi refluks asam, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut. Pada saat ini tidak ada penelitian tentang apakah jahe adalah pengobatan yang cocok untuk gejala refluks asam.

Para peneliti masih menyelidiki keamanan dari jahe dan sifat obat apapun yang mungkin terkandung.

Cara mengolah jahe untuk asam lambung

Dalam menggunakan jahe untuk asam lambung tinggi dapat diolah dengan cara dimakan mentah, dijadikan minuman jahe, atau ditambahkan pada makanan seperti sup, tumis, salad atau jenis olahan lainnya.

Selain itu jahe juga terdapat dalam bentuk bubuk, kapsul, minyak atau teh.

Yang paling penting untuk diingat adalah mengonsumsi jahe secukupnya.

Risiko dan peringatan

Terdapat beberapa efek samping yang terkait dalam konsumsi jahe untuk asam lambung. Efek samping minor dapat berupa gas atau perut menjadi kembung.

Jika anda memiliki peradangan seperti refluks asam, mengonsumsi lebih dari empat gram dalam jangka waktu 24 jam dapat memperburuk kondisi anda.

Baca juga: Kenali 7 Penyebab Asam Lambung Naik : Kondisi Fisik, Makanan dan lainnya

Opsi perawatan asam lambung lainnya.

Jika anda tidak suka jahe, ada berbagai jenis perawatan bebas resep yang bisa anda coba jika refluks asam anda menyerang.

  • Obat obatan seperti tums dan antasida dapat menetralkan asam lambung dan memberikan efek yang cepat.
  • H2 blocker, seperti cimetidine (tagamet) dan famotidine (pepcid), dapat mengurangi jumlah asam yang dihasilkan lambung.
  • Pompa proton inhibitor seperti omeprazole (prilosec), dapat bekerja dalam mengurangi asam lambung dan mengatasi masalah kerongkongan,

Obat obatan yang lebih kuat tersedia dengan bantuan resep, artinya anda memerlukan resep dokter untuk membeli obat obatan yang lebih kuat dari yang sudah disebutkan tadi. Dokter mungkin akan menyarankan anda untuk mengonsumsi obat, seperti

  • H2 blocker dengan resep, seperti nizatidine (axid)
  • Pompa proton inhibitor dengan resep, seperti esomeprazole (Nexium) dan lansoprazole (Prevacid)

Efek samping obat obatan tersebut yaitu dapat mengganggu penyerapan vitamin B12 pada tubuh.

Obat kerongkongan, seperti baclofen, dapat membuat sfingter anda melemah dan menyebabkan asam mengalir ke tenggorokan. Obat tersebut memiliki efek samping yang “signifikan” dan biasanya akan diberikan pada seseorang penderita asam lambung yang cukup parah.

Jika obat tidak memberi efek pada gejala asam lambung anda, operasi mungkin merupakan pilihan lain. Dokter pada umumnya akan melakukan satu atau dua prosedur untuk penderita asam lambung. Pertama, memperkuat sfinger esofagus menggunakan LINX. Kedua, memperkuat sfinger dengan membungkus atas perut disekitar kerongkongan bagian bawah.

Perlu diperhatikan

Jika anda mencoba jahe untuk asam lambung naik, pastikan untuk memberitahu dokter ketika periksa. Dokter akan memberikan informasi dan memastikan bahwa tidak akan berinteraksi dengan obat apapun yang anda gunakan.

Dosis kecil dapat menjadikan jahe sebagai obat yang aman dan efektif untuk refluks asam. Seperti halnya pengobatan alternatif lainnya, dalam hal penelitian masih diperlukan lebih lanjut, untuk mengetahui manfaat yang diberikan sebesar apa.

Memeriksa kesehatan juga dapat membantu mengetahui tingkat keparahan refluk asam yang anda alami.

Referensi:
Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. 2nd edition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92775/
Ginger (Zingiber Officinale) Reduces Muscle Pain Caused by Eccentric Exercise. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20418184/
Gastroesophageal reflux disease (GERD). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940
Phase II Study of the Effects of Ginger Root Extract on Eicosanoids in Colon Mucosa in People at Normal Risk for Colorectal Cancer. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21990307/

Add a Comment