Kenali 7 Penyebab Asam Lambung Naik : Kondisi Fisik, Makanan dan lainnya

2 min read

Kenali 7 Penyebab Asam Lambung Naik

Halo pembaca Dhikly.com. Pada artikel ini akan membahas tentang penyebab asam lambung naik, faktor apa saja yang dapat menyebabkan asam lambung naik?. Yuk simak ulasannya berikut ini!.

Asam lambung

Penyebab asam lambung naik sering sekali dikaitkan dengan penyakit maag. Padahal, selain maag ada banyak penyebab asam lambung naik yang perlu diwaspadai.

Pada umumnya ditandai dengan gejala seperti sering bersendawa, perut terasa panas, kembung, diare, mual atau muntah, nafsu makan berkurang, saat makan terasa tidak nyaman, hingga tubuh terasa lemas.

Meski sering dikaitkan dengan penyakit, sebenarnya asam lambung mempunyai fungsi di dalam tubuh manusia, jika asam lambung terjadi gangguan dapat menimbulkan beberapa efek seperti sistem metabolisme tubuh tidak berjalan secara optimal.

Lalu apa saja sih fungsi dari asam lambung pada tubuh manusia?

  • Membantu tubuh untuk mengolah protein.
  • Memproduksi enzim yang berguna untuk melawan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.
  • Membantu tubuh dalam penyerapan vitamin B12.

Penyebab asam lambung naik

Banyak hal yang dapat menyebabkan asam lambung naik hingga menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti

  • Usia
    Bertambahnya usia dapat menambah risiko terjadinya asam lambung naik. Hal ini dikarenakan sistem tubuh menjadi lemah sehingga tidak dapat memproduksi asam dengan seimbang.
  • Waktu makan
    Selain beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan asam lambung meningkat, waktu makan yang tidak teratur juga dapat menyebabkan asam lambung naik dikarenakan jarak waktu kerja sistem pencernaan yang terlalu lama.
  • Defisiensi magnesium
    Rendahnya kadar magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan LES atau otot yang mencegah aliran balik makanan dan asam perut ke dalam esofagus tidak berfungsi secara maksimal.
  • Merokok
    Merokok juga dapat menyebabkan fungsi LES terganggu, dapat meningkatkan sekresi asam, hingga mengurangi produksi air ludah yang dapat menetralkan efek asam pada mulut.
  • Stres
    Stres dapat menyebabkan kadar hormon prostaglandin, padahal hormon protaglandin berperan dalam melindungi lapisan lambung dari asam lambung.
  • Efek samping obat
    Mengonsumsi obat obatan tertentu dapat menyebabkan LES melemah, sehingga dapat memicu asam lambung meningkat.
  • Masalah kesehatan lainnya
    Masalah kesehatan seperti gastroparesis dan hiatus hernia dapat menyebabkan lambung bagian atas berpindah ke atas diafragma sehingga menyebabkan LES melemah. Selain itu, gastroparesis juga dapat menyebabkan otot perut tidak bekerja secara optimal sehingga lambung membutuhkan waktu lebih lama untuk mengosongkan isinya.

Baca juga: 9 Cara Mengobati Asam Lambung di Rumah

Makanan penyebab asam lambung naik

Selain kondisi yang sudah disebutkan diatas, makanan juga merupakan salah satu penyebab asam lambung naik. Untuk itu disarankan untuk menghindari makanan berikut ini

  • Gorengan
    Makanan yang diolah dengan cara digoreng termasuk salah satu penyebab asam lambung naik. Kandungan lemak didalamnya dapat menyebabkan refluks asam lambung ke kerongkongan.
  • Buah asam
    Buah yang terasa masam, seperti jeruk dan makanan olahan lainnya dapat menyebabkan rasa mulas hingga menimbulkan rasa terbakar pada perut. Sensasi seperti terbakar tersebut terjadi ketika anda mengonsumsi buah atau makanan olahan lainnya yang berasa asam ketika perut dalam keadaan kosong.
  • Makanan pedas
    Makanan pedas juga dapat menyebabkan asam lambung naik, hal ini dikarenakan rasa pedas dapat memicu perut menjadi mulas atau sensasi terbakar pada bagian dada.
  • Cokelat
    Dalam cokelat terkandung lemak, kokoa, kafein, dan theobromine yang dapat menyebabkan refluks.
  • Daging berlemak
    Daging dengan lemak termasuk salah satu makanan penyebab asam lambung naik karena daging dengan lemak bertahan lebih lama di dalam lambung, hal tersebut yang dapat merangsang asam lambung meningkat.
  • Susu tinggi lemak
    Jika anda mengalami masalah pada lambung, disarankan untuk menghindari susu tinggi lemak. Pilih produk susu yang rendah lemak untuk menghindari asam lambung meningkat.

Selain makanan, beberapa jenis minuman juga dapat menyebabkan asam lambung meningkat, seperti minuman bersoda atau berkarbonasi lainnya. Minuman tersebut mengandung gelembung gas yang dapat menyebabkan lambung meregang. Tekanan dari gelembung tersebut juga dapat menyebabkan asam lambung meningkat.

Selain minuman bersoda, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat menyebabkan asam lambung menjadi meningkat. Sebaiknya batasi dalam mengonsumsinya, dan pilih produk minuman yang tidak mengandung kafein, seperti teh hijau.

Memang tidak mudah menghindari makanan penyebab asam lambung naik, selain rasanya yang enak bisa jadi beberapa makanan tersebut merupakan makanan favorit anda.

Namun sebaiknya bijak dalam memilih makanan sehingga dapat terhindar dari penyakit seperti maag dan asam lambung meningkat. Jika asam lambung masih meningkat meskipun telah menghindari penyebab asam lambung naik, disarankan untuk memeriksakan diri anda ke dokter, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya komplikasi yang serius.

Referensi:
7 Foods to Help Your Acid Reflux. https://www.healthline.com/health/gerd/diet-nutrition
Foods That Fight Heartburn. https://www.webmd.com/digestive-disorders/features/foods-that-fight-heartburn#1

Add a Comment