Lakukan 4 Pertolongan Pertama Darah Tinggi Ini Sebelum Terkena Stroke

2 min read

Pertolongan Pertama Darah Tinggi

Hai, sobat Dhikly. Bagi Anda yang sering terserang darah tinggi secara tiba tiba, sebaiknya mengetahui Pertolongan Pertama Darah Tinggi saat darah tinggi mulai menyerang tubuh anda. Yuk simak ulasannya berikut ini!.

Pertolongan pertama atasi darah tinggi

Meskipun merupakan penyakit yang tidak menular, Darah tinggi termasuk salah satu penyakit yang harus diwaspadai.

Dikutip dari Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013, sebesar 25,8% masyarakat Indonesia menderita penyakit hipertensi.

Namun, muncul fakta bahwa dari 20,8% penderita hipertensi, hanya 0,7% kasus yang dikontrol dengan obat.

Seperti yang sudah dijelaskan pada halaman Darah Tinggi Sebaiknya Dikenali Sebelum Menyerang Tubuh, darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang jarang menimbulkan gejala. Hal inilah yang mendasari penyakit ini sering disebut dengan “Pembunuh Senyap”

Kementrian Kesehatan Indonesia menyatakan dalam postingannya tentang hipertensi, bahwa beberapa gejala yang terjadi ketika hipertensi mulai menyerang antara lain :

  • Sering kesemutan,
  • Cepat merasa capek,
  • Jantung berdebar,
  • Penglihatan kabur,
  • Sakit kepala,
  • Hingga sering terasa pusing.

Meskipun beberapa gejala sangat umum terjadi, namun tidak boleh di anggap sepele jika anda mulai merasakan beberapa gejala diatas.

Sebab, jika tekanan darah terus melonjak tinggi pada tubuh seseorang dan tidak segera ditangani, hal ini dapat mengakibatkan pecah pembuluh darah hingga stroke.

Untuk itu pertolongan pertama darah tinggi berikut ini diperlukan jika tiba tiba anda terserang darah tinggi.

Berikut 4 pertolongan pertama darah tinggi

  • Ambil napas dalam dalam lalu hembuskan agar jantung mendapat oksigen yang cukup dan Anda merasa lebih tenang.
  • Jika anda berada dalam lingkungan yang mengganggu atau bahkan dapat membuat anda stress, berpindahlah ke tempat yang lebih tenang sehingga anda lebih rileks.
  • Jika hidung Anda mengeluarkan darah, kompres dengan air es pada bagian dahi agar darah yang keluar dapat terhenti.
  • Konsumsi jus buah (tanpa garam), hal ini bertujuan agar kadar kalium yang terkandung dalam jus buah dapat mengimbangi kadar natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah dapat turun.

Dibawah ini pertolongan pertama darah tinggi yang harus diperhatikan juga

1. Olahraga

Menurut penelitian, penderita hipertensi yang melakukan olahraga dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang dideritanya.

Dengan berolahraga, jantung akan menggunakan oksigen dengan baik didalam tubuh, sehingga jantung tidak bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Anda tidak harus melakukan olahraga berat, cukup hanya berjalan lebih cepat dari biasanya, juga efektif mempengaruhi kinerja jantung menjadi lebih baik.

Setelah dan sebelum berolahraga, Anda juga disarankan untuk mengambil napas dalam dalam, hal ini bertujuan agar aliran darah dan jantung anda menjadi lebih rileks dari sebelumnya.

Pengolahan pernapasan seperti yang sering digunakan dalam praktik meditasi seperti, yoga dan tai chi juga efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain baik untuk jantung, latihan pernapasan juga dapat menurunkan kadar stress yang meningkatkan renin (enzim yang dapat meningkatkan tekanan darah).

2. Pisang

Pada saat tekanan darah tinggi kambuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah pisang, karena kaya akan kandungan potasium.

Selain pisang anda juga dapat mengonsumsi beberapa buah yang mengandung kalium seperti anggur, buah bit, kelapa, aprikot kering, jambu biji, tomat, mengkudu, mentimun dan jeruk.

Baca Juga: 14 Jenis Buah Penurun Darah Tinggi

3. Hindari garam

Selain gen, garam adalah salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan darah tinggi Anda kambuh.

Untuk itu bagi penderita hipertensi disarankan untuk membatasi konsumsi garam atau kurang dari 1500 mg setiap harinya (setara dengan empat sendok teh).

Untuk mengetahui jenis apa saja yang harus anda hindari, anda dapat membacanya di Pantangan Tekanan Darah Tinggi

4. Rileks

Saat anda terserang hipertensi, salah satu pertolongan pertama darah tinggi yang harus anda coba adalah membuat tubuh anda lebih tenang dan rileks.

Anda bisa membuat tubuh anda lebih rileks dengan mendengarkan musik, melakukan kegiatan yang anda minati, melakukan kegiatan yang merupakan hobi anda, dan masih banyak lagi.

Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang rutin mendengarkan musik selama satu minggu, efektif menurunkan kadar sistolik darah hingga 3,2 poin.

5. Suplemen

Jika hipertensi mulai menyerang, tidak ada salahnya anda membeli suplemen yang dapat menurunkan tekanan darah anda.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa suplemen Coenzyme Q10 dapat mengurangi tekanan darah hingga 17 mmhg lebih dari 10 mmhg.

Coenzyme Q10 adalah antioksidan yang diperlukan tubuh untuk memproduksi energi dan melebarkan pembuluh darah.

Selain itu anda juga harus merubah pola hidup anda menjadi lebih sehat, hindari pola hidup yang dapat mengakibatkan kesehatan anda semakin buruk.

Jika anda merasa tekanan darah Anda semakin buruh setiap harinya, maka cepat periksakan diri anda ke dokter terdekat, agar mendapat rekomendasi dan mendapat penanganan yang tepat.

Add a Comment