8 Jenis Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Asam Urat

3 min read

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Asam Urat

Halo sobat Dhikly, apa kalian sudah tahu apa saja sih jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat? Selain dengan pengobatan, asam urat sebaiknya diobati juga dengan menjaga pola makan yang sehat dan bergizi. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat

Jika didalam tubuh terdapat asam urat dengan kadar yang tinggi akan dapat menyebabkan pembentukan kristal pada sendi. Gejala asam urat pada umumnya muncul dengan tiba tiba, berupa nyeri yang amat terasa menyakitkan dan menyiksa tubuh.

Jika asam urat tidak segera diobati dan dibiarkan saja, dapat menyebabkan hingga terbentuknya batu ginjal.

Jenis sayuran

Beberapa jenis sayuran wajib dipilih bagi penderita asam urat. Pasalnya beberapa sayuran dibawah ini dapat menyebabkan asam urat menurun atau setidaknya dapat mencegah asam urat kambuh.

Mengonsumsi obat dokter memang di anjurkan untuk menurunkan kada asam urat dan mengatasi nyeri. Namun menjaga pola makan sehat juga peting bagi penderita asam urat untuk memperkecil kemungkinan asam urat kambuh dan membatasi tingkat keparahannya.

Berikut daftar sayuran yang di rekomendasikan bagi penderita asam urat, yaitu:

1. Wortel

Sayuran jenis ini memiliki kandungan purin paling rendah. Purin adalah zat yang harus dihindari bagi penderita asam urat, karena zat purin ini lah yang membentuk asam urat dalam tubuh.

Maka dari itu, sayuran wortel ini termasuk salah satu sayuran yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat.

2. Brokoli

Sayuran ini menandung vitamin C yang baik untuk menurunkan kadar asam urat.

3. Tomat

Sayuran selanjutnya yang direkomendasikan adalah tomat. Sayuran ini merupakan sayuran rendah purin yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat.

4. Kentang

Kentang adalah salah satu sayuran yang direkomendasikan karena rendah purin dn juga kaya akan vitamin C nya.

Sehingga dapat membantu menurunkan kadar asam urat alam tubuh.

5. Jamur

Jamur merupakan jenis makanan yang kaya akan serat dan rendah kalori. sama halnya dengan kacang-kacangan, jamur juga merupakan jenis sayuran yang baik dikonsumsi bagi penderita asam urat.

6. Bayam

Bayam merupakan jenis yang mengandung purin, namun menurut penelitian purin yang terkandung pada sayuran bayam tidak membahayakan penderita asam urat.

Hal ini menjadikan bayam sebagai salah satu sayuran yang aman di konsumsi bagi penderita asam urat.

Baca Juga: 6 Jenis Sayuran Yang Dapat Menyebabkan Asam urat

Teh hijau

Dikutip dati National Institutes of Helath, Teh hijau merupakan jenis makanan yang terbilang ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Menurut peneliti tersebut, teh hijau mengandung antioksidan yang bernama katekin. Zat katekin ini lah yang dapat menghambat produksi asam urat di dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga terbilang ampuh dalam mengeluarkan kristal asam urat dan dapat meluruhkan batuan yang terdapat di dalam ginjal.

Jenis buah buahan

Jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat selanjutnya adalah jenis buah-buahan.

Seperti yang sudah di jelaskan dalam artikel Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat, beberapa jenis buah-buahan tidak direkomendasikan karena purin yang terkandung terlalu tinggi dan sangat tidak dianjurkan bagi penderita asam urat

Pada buah buahan pada umumnya terdapat kandungan vitamin C yang baik bagi penderita asam urat. Vitamin C inilah yang secara alami dapat mengeluarkan asam urat berlebih dalam tubuh melalui urin.

Terdapat beberapa jenis buah yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat, yaitu

1. Buah beri

Buah jenis ini merupakan jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat. Pasalnya buah beri terdapat kandungan yang memiliki sifat anti inflamasi yang tinggi.

Sifat anti inflamasi yang tinggi tersebut, dapat mengendalikan peradangan pada sendi.

2. Buah apel

Buah ini mengandung malid acid yang tinggi dan baik bagi penderita asam urat. Buah ini dapat dikonsumsi rutin, karena malid acid yang terkandung dalam buah apel ini dapat membantu menetralisir asam urat.

Buah apel juga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat asam urat.

3. Pisang

Buah pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitaminC. kandungan tersebut dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga: Tanda dan Gejala Asam Urat

Ikan salmon

Ikan salmon juga termasuk jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat, sebab ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kadar purin yang rendah.

Penelitian menyatakan bahwa omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Ikan jenis ini juga termasuk kedalam ikan yang memiliki kandungan rendah asam lemak jenuh, sehingga dapat menurunkan asam urat hingga kolesterol dalam tubuh.

Kacang pinto

Kacang pinto merupakan salah satu jenis akanan yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan asam urat dalam tubuh. Makanan jenis ini mengandung asam folat yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Minyak zaitun

Minyak ini mengandung anti inflamasi, antioksidan, dan memiliki kandungan asam lmak tak jenuh yang tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh.

Disarankan untuk mengonsumsi diwaktu pagi atau malam sebelum tidur dengan takaran dosis yang tidak berlebihan.

Air putih

Banyak peneliti yang sudah membuktikan bahwa air putih sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, tidak terkecuali bermanfaat bagi penderita asam urat.

Memang terlihat sepele, namun hal ini dapat dicoba dengan mengonsumsinya tiap hari sekitar 10 sampai 12 gelas setiap harinya.

Konsumsi air putih hangat pada saat pagi hari sebelum sarapan atau dalam kondisi perut masih kosong, agar terjadi detoksifikasi dalam tubuh.

Gandum

Jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita asam urat selanjutnya adalah gandum. Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks, sehingga jenis makanan ini disarankan untuk bagi penderita asam urat.

Anda dapat mendapatkan asupan karbohidrat komplek dari pasta gandum, nasi merah, sereal gandum dan roti gandum.

Itulah 8 Jenis Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Asam Urat. Namun yang perlu diperhatikan adalah takaran dalam mengonsumsinya sebaiknya tetap batasi jangan berlebihan.

Cek kondisi kesehatan anda secara berkala. Jika asam urat terasa semakin memburuk, cepat periksakan diri anda ke dokter terdekat, agar mendapat rekomendasi dan penanganan yang tepat.

Add a Comment