15 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat

3 min read

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat

Halo sobat dhikly, Apakah kalian sudah tahu makanan yang harus dihindari saat asam urat? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat

Asam urat adalah peradangan yang menyerang sendi. Jika Anda sering merasa nyeri di persendian kaki atau tangan, kemungkinan anda terserang asam urat.Asam urat sendiri disebabkan kadar urin acid yang terlalu berlebih di dalam darah.

Dari berbagai macam faktor terjadinya asam urat, makanan yang tidak terkontrol dan tidak sehat adalah salah satunya penyebab terbesar. lalu makanan seperti apa saja sih yang dapat menyebabkan asam urat?

Sayuran penyebab asam urat

1. Bayam

Bayam memang makanan yang baik bagi tubuh karena kaya serat dan berbagai nutrisi. Tapi, sayuran yang satu ini tidak direkomendasikan bagi penderita asam urat.

Pasalnya, Sayuran satu ini mengandung purin tinggi (terkandung 57 gr purin pada tiap 100 gr bayam) yang dapat menyebabkan asam urat Anda menjadi lebih parah.

2. Asparagus

Asaparagus juga termasuk salah satu makanan pantangan asam urat lainnya. Asparagus memang mengandung kalium dan folat yang bagus untuk pembentukn sel darah meerah dan dapat mencegah tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Namun, bagi penderita asam urat sayuran ini tidak boleh dimakan berlebihan, karena Asparagus mengandung purin yang tinggi (23 gr pada tiap 100 gr asparagus)

3. Kembang kol

Kembang kol sering disajikan dalam campuran sayuran ataupun sebagai lauk.

Kembang kol juga termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung tinggi purin, sehingga sayuran ini harus dihindari bagi penderita asam urat.

kembang kol mengandung purin sebesar 51 gr pada tiap 100 gr kembang kol.

Buah-buahan penyebab asam urat

1. Nangka

Nangka adalah salah satu jenis buah yang harus dihindari bagi penderita asam urat karena purin yang terkandung di dalamnya.

Perlu diketahui juga, bahwa purin juga dapat mengganggu fungsi ginjal karena tidak dapat di cerna dan dikeluarkan dengan baik oleh tubuh. penumpukan asam urat yang terjadi pada waktu tertentu dapat menyebabkan batu ginjal.

2. Nanas

Sama halnya dengan nangka, nanas juga merupakan salah satu jenis buah yang mengandung tinggi purin , karena di dalam pencernaan, buah nanas ini akan di fermentasi menjadi alkohol.

Alkohol inilah yang dapat menyebabkan asam urat. selanjutnya akan dijelaskan pada poin alkohol.

3. Apel

Para peneliti menemukan bahwa makan apel dapat menyebabkan asam urat meningkat dibanding dengan mereka yang tiap bulan hanya mengonsumsi satu porsi buah.

Apel mengandung fruktosa yang sangat tinggi. Secara teori, jika anda sering megonsumsi apel, dapat menyebabkan asam urat meningkat.

4. Durian

Buah durian mengandug kolesterol yang tinggi. Buah ini merupakan pantangan makanan asam urat dan kolesterol karena keduanya dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyakit jantung, stroke, radang, dan hipertensi.

Jamur

Pada jamur terkandung 92gr sampai 17gr purin pada tiap 100gr nya. Terlihat pada kandungan purin pada jamur, tentu jenis makanan satu ini tidak disarankan bagi anda penderita asam urat

Daging merah

Daging merah juga termasuk Makanan Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat lainnya. Daging merah jenis apapun tidak disarankan bagi penderita asam urat, karena purin yang terkandung pada daging merah tergolong tinggi.

Sebagai pengganti sumber protein hewani pada daging, Anda dapat menggantinya dengan daging putih, seperti ayam. Penderita asam urat lebih disarankan untuk konsumsi protein nabati yang terkandung pada tempe atau tahu.

Makanan daging merah yang diolah sendiri atau pun yang merupakan olahan pabrik, sebaiknya dihindari. Pasalnya, kandungan purin pada daging merah cukup tinggi, yaitu 43,5 sampai 138,3 mg purin pada tiap 100 gram daging merah.

Makanan berlemak

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat selanjutnya adalah makanan berlemak. selain dapat menyebabkan asam urat kambuh, makanan berlemak juga dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

Ketika tubuh kelebihan berat badan, maka tubuh akan menghasilkan banyak insulin. peningkatan kadar insulin pada tubuh ini dapat mengganggu kerja ginjal untuk membuang asam urat. pada akhirnya, asam urat pun menumpuk dalam tubuh.

Kedelai olahan

Makanan seperti tahu, tempe, tauco, susu kedelai, dan makanan berbehan kedelai lainnya pada dasarnya sangat baik untuk tubuh.

Namun, pada makanan jenis ini tergolong mengandung purin yang lumayan tinggi, sehingga bagi penderita asam urat sebaiknya dibatasi dalam pengonsumsiannya.

Makanan laut (seafood)

Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi wajib dihindari bagi penderita asam urat. Pada jenis makanan ini terkandung purin yang cukup tinggi.

Namun pada beberapa makanan laut, seperti ikan salmon, boleh dikonsumsi pada batasan tertentu. Pada ikan salmon terkandung lebih renda purin.

Jeroan

Jeroan seperti hati, usus, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, wajib dihindari bagi penderita asam urat. Pasalnya, pada makanan jenis ini mengandung purin yang tinggi.

Pada makanan jeroan terkandung protein yang ketika diolah di dalam tubuh akan menghasilkan purin di dalam aliran darah. Contoh, pada 100 gr hati ayam terkandung 243 mg purin.

Baca juga : Penyebab asam urat

Minuman penyebab asam urat

1. Minuman Manis

Pada minuman memang tidak mengandung purin. Tapi, pada minuman yang mengandung fruktosa yang tinggi lah menjadi penyebabnya.

Menurut penelitian, Penderita asam urat yang masih gemar konsumsi minuman manis atau bersoda, risiko asam urat kambuh sebesar 85 persen pada mereka yang minum minuman bersoda lebih dari dua porsi sehari.

2. Alkohol

Seperti halnya minuman manis, minuman jenis alkohol seperti bir juga menjadi penyebab asam urat kambuh. selain minuman, tape yang termasuk jenis makanan juga termasuk salah satu yang harus dihindari bagi penderita asam urat.

3. Produk susu

Produk susu dan olahannya, seperti keju dan yogurt, dapat memicu asam urat kambuh atau bahkan memperparah.

Jika anda ingin mengonsumsi susu, alangkah baiknya anda memilih produk susu yang rendah lemak.

Itulah 15 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat, jika Anda sudah menghindari makanan diatas tapi masih memburuk, cepat periksakan diri anda pada dokter terdekat, agar dapat rekomendasi dari dokter.

Add a Comment