Pantangan Asam Lambung : 8 Makanan, 3 Minuman dan Beberapa Tips

4 min read

Pantangan Asam Lambung : 8 Makanan, 3 Minuman dan Beberapa Tips

Halo pembaca Dhikly.com. Artikel ini akan menjelaskan apa saja pantangan asam lambung yang meliputi minuman, makanan . Yuk simak ulasannya berikut ini!

Asam lambung

Untuk menjaga kesehatan dengan mencegah asam lambung kambuh lagi, beberapa jenis makanan dan minuman wajib dihindari.

Selain menghindari makanan dan minuman, disarankan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Berikut ini tips bagaimana caranya menerapkan pola hidup sehat yang berkaitan dengan asam lambung, yaitu

  • Jauhi kebiasaan buruk seperti merokok atau minuman beralkohol
  • Direkomendasikan berolahraga 1 jam setelah makan
  • Hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu
  • Pantau berat badan, usahakan agar tetap ideal
  • Hindari makan 3 hingga 4 jam sebelum tidur
  • Atur tinggi bantalan ketika tidur, tubuh bagian atas lebih tinggi dibanding tubuh bagian bawah

Selain menghindari pantangan asam lambung naik, penting untuk memperhatikan pola hidup sehat agar asam lambung tidak semakin parah apalagi sampai menimbulkan komplikasi serius, seperti kerusakan pada gigi hingga kanker kerongkongan.

Pantangan asam lambung

Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung meningkat, sehingga jenis makanan dan minuman tersebut harus dihindari.

Lalu apa saja pantangan agar asam lambung tidak naik?

Makanan

1. Makanan dengan lemak tinggi

Pada dasarnya tubuh memang memerlukan lemak, namun pada kadar tertentu. Jika lemak yang dikonsumsi tinggi dapat menimbulkan gejala maag.

Hal ini dikarenakan makanan dan minuman berlemak tinggi dapat menyebabkan otot pada kerongkongan melemah. Ketika otot kerongkongan melemah, asam lambung dapat naik dengan mudah.

Sehingga dapat menyebabkan gejala seperti nyeri atau terasa terbakar pada dada. Lemak yang tinggi juga dapat menyebabkan hormon cholecystokin lepas.

Hormon tersebut dapat memicu katup kerongkongan menjadi kendur sehingga asam lambung naik dengan mudah. Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna.

Sehingga lambung bekerja lebih lambat, kemudian memicu produksi asam lambung berlebih. Hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa makanan dengan lemak yang tinggi masuk dalam daftar pantangan asam lambung.

Contoh makanan berlemak tinggi, seperti

  • Susu dengan kandungan lemak tinggi dan produk olahannya. Namun terdapat beberapa susu dengan kandungan lemak lebih rendah, disarankan untuk mengonsumsi susu dengan kandungan lemak rendah.
  • Daging merah seperti daging kambing, daging sapi dan daging domba
  • Makanan yang diolah dengan cara digoreng
  • Makanan olahan seperti es krim, kue dan lain sebagainya yang memiliki kandungan lemak tinggi

2. Gorengan

Makanan yang diolah dengan cara digoreng memang terasa lezat dan sangat banyak ditemui khususnya di indonesia. Namun, bagi penderita asam lambung tidak disarankan untuk mengonsumsi gorengan karena termasuk salah satu makanan pantangan asam lambung.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan yang diolah dengan cara digoreng memiliki kandungan lemak trans yang tinggi, sehingga hal ini dapat menyebabkan asam lambung menjadi kambuh.

3. Cokelat

Banyak orang menjadikan makanan cokelat sebagai makanan favoritnya, namun jika anda penderita asam lambung, sebaiknya hindari jenis makanan ini.

Cokelat merupakan salah satu pantangan asam lambung karena cokelat mengandung kafein yang mengakibatkan asam lambung meningkat. Selain itu, kandungan methyxanthine pada cokelat juga dapat melemahkan kekuatan otot pada kerongkongan.

Cokelat juga mengandung lemak cukup tinggi yang dapat memicu terjadinya maag.

4. Makanan pedas

Sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa makanan pedas dapat menyebabkan perut menjadi mulas hingga diare. Selain itu, makanan pedas juga merupakan pantangan asam lambung yang perlu dihindari.

Pada makanan pedas memiliki kandungan yang bernama capsaicin yaitu ekstrak alkaloid yang memberi rasa pedas pada cabai.

Selain itu, capsaicin dapat memperlambat kinerja sistem pencernaan. Ketika kinerja sistem pencernaan melambat, otomatis proses pencernaan makanan pada lambung juga akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Padahal ketika anda mengalami gejala maag, makanan tidak boleh terlalu lama berada pada sistem pencernaan. Semakin lama makanan berada pada sistem pencernaan, risiko asam lambung naik akan meningkat.

Tidak hanya itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan lapisan kerongkongan menjadi iritasi. Lalu kerongkongan meradang dan memperburuk gejala maag.

Maka dari itu sebaiknya hindari pantangan asam lambung, baik pada saat sedang kambuh atau mencegah gejala kembali muncul.

5. Makanan asin

Sama dengan makanan pedas, makanan asin juga dapat memicu munculnya asam lambung.

Memang masih belum diketahui bagaimana proses ini terjadi. Kemungkinan, kombinasi makanan asin yang berlemak dan diolah dengan cara digoreng dapat memicu timbulnya asam lambung.

Tidak ada salahnya untuk menghindari jenis makanan ini untuk menghindari asam lambung meningkat.

6. Buah citrus

Buah citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis dan jeruk bali merupakan buah yang harus dihindari bagi penderita asam lambung.

Seperti yang dijelaskan pada penelitian “The Relationship Between the Popular Beverages in Korea and Reported Postprandial Heartburn”, dari 382 orang yang mengalami gejala seperti rasa terbakar pada dada, sebanyak 67 persen diantaranya mengalami gejala yang parah setelah mengonsumsi buah jeruk.

Kemungkinan besar, jumlah asam pada jenis buah citrus merupakan penyebab utama naiknya asam lambung.

7. Tomat

Selain buah jenis citrus, tomat juga termasuk dalam pantangan asam lambung selanjutnya.

Pada buah tomat terkandung asam sitrat dan asam alat yang merupakan pemicu asam lambung naik, sehingga menimbulkan maag.

Ketika tomat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, kandungan asam tersebut dapat memengaruhi proses pencernaan dan selanjutnya akan naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

8. Bawang

Segala macam bawang seperti, bawang merah, bawang putih dan bombay dapat menyebabkan otot pada kerongkongan bagian bawah melemah. Sehingga asam lambung dapat dengan mudah naik ke kerongkongan dan menimbulkan gejala maag.

Baca juga: 7 Penyebab Asam Lambung Naik : Kondisi Fisik, Makanan dan lainnya

Minuman

1. Kopi

Seseorang dengan maag tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak atau sebisa mungkin untuk dihindari guna mencegah maag semakin buruk.

Pada kopi terdapat kandungan kafein yang terbukti dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah. Sehingga asam lambung dapat dengan leluasa naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

2. Soda

Selain menyebabkan perut terasa kembung, minuman berkarbonasi juga dapat memicu asam lambung meningkat. Minuman ini dapat melemahkan otot pada kerongkongan yang kemudian menyebabkan asam lambung naik.

Ditambah lagi jika minuman berkarbonasi tersebut mengandung kafein, hal tersebut semakin memudahkan gejala maag muncul kembali.

3. Alkohol

Alkohol juga merupakan salah satu pantangan asam lambung yang wajib dihindari.

Minuman beralkohol dapat meningkatkan produksi asam lambung. Menurut penelitian “Is Alcohol Consumption Associated With Gastroesophageal Reflux Disease?“, alkohol dapat membuat katup pada kerongkongan menjadi lemah. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan rasa seperti terbakar pada dada, diakibatkan asam lambung yang naik.

Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan iritasi pada lapisan kerongkongan dengan perlahan. Seiring berjalannya waktu, kondisi tersebut dapat menyebabkan kerongkongan menjadi lebih sensitif terhadap asam lambung.

Itulah makanan dan minuman yang merupakan pantangan asam lambung dan wajib dihindari.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan makan.

  • Makan dalam porsi terlalu banyak.
    Perut yang terisi penuh oleh makanan dapat memberikan tekanan yang cukup kuat pada otot di katup kerongkongan bagian bawah. Ketika terdapat dorongan yang cukup kuat, katup kerongkongan dapat terbuka secara tiba tiba yang berujung pada naiknya asam lambung.
  • Malam sebelum tidur
    Makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur sangat tidak dianjurkan, karena menyebabkan tubuh tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengolah makanan.

    Disarankan untuk memberi jeda sekitar 2 hingga 3 jam jika ingin makan sebelum tidur. Hal tersebut dapat memberi waktu sistem pencernaan bekerja secara maksimal.

Referensi:
Top 10 Heartburn Foods. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/features/top-10-heartburn-foods#1
7 Foods That Cause Acid Reflux. https://www.health.com/condition/heartburn/7-foods-that-cause-acid-reflux?

Add a Comment