Pengobatan Kista Ganglion: Obat Rumahan Hingga Operasi

3 min read

Pengobatan Kista Ganglion

Halo, pembaca Dhikly.com. Artikel ini akan membahas beberapa cara pengobatan kista ganglion yang dapat anda lakukan di rumah, prosedur operasi, prosedur non operasi, manfaat, risiko, pemulihan dan lainnya. Yuk simak ulasannya berikut ini!.

Kista ganglion

Kista ganglion adalah benjolan yang umumnya tumbuh pada tangan, pergelangan tangan, kaki atau pergelangan kaki.

Kista ganglion dapat menimbulkan nyeri ketika mulai menekan saraf. Pada beberapa kasus, kista ganglion bahkan dapat membatasi pergerakan tubuh.

Beberapa kista memang tidak membutuhkan perawatan medis, tetapi beberapa kasus harus melalui pembedahan untuk menghilangkan kista dalam tubuh.

Prosedur bedah untuk menghilangkan kista ganglion

Jika dokter memutuskan untuk melakukan operasi adalah pilihan terbaik, mungkin banyak orang akan melakukannya. Dokter kemungkinan akan merujuk anda ke spesialis bedah tangan, pergelangan tangan dan siku untuk melakukan operasi.

pengobatan kista ganglion biasanya merupakan prosedur rawat jalan dan dapat dilakukan dengan anestesi lokal atau pun umum.

Sebelum dilakukan operasi, dokter mungkin akan menggambar garis diatas kista untuk menandai lokasi sayatan. Selama operasi, dokter akan melakukan anestesi lalu membedah sesuai garis yang sudah dibentuk tadi.

Dokter kemudian akan mengidentifikasi kista dan memotongnya beserta akarnya. Setelah kista diangkat, dokter akan menjahit robekan yang sudah dibuat tadi.

Prosedur non-bedah untuk menghilangkan kista ganglion

Pembedahan biasanya dilakukan sebagai pilihan terakhir untuk pengobatan kista ganglion. Sebelum memutuskan untuk menghilangkan kista ganglion, dokter akan melakukan beberapa opsi perawatan lain.

Aspirasi

Salah satu alternatif pengobatan kista ganglion adalah dengan mengambil isi kista. Hal tersebut dilakukan dengan proses yang disebut dengan aspirasi.

Prosedur ini, diawali dengan dokter menusuk kista dengan jarum dan mengambil cairan kista tersebut, sehingga kista menyusut. Hal ini dapat menghilangkan rasa sakit yang disebabkan kista yang menekan saraf di pergelangan tangan dan tangan. Tetapi aspirasi hanya menghilangkan isinya, namun tidak menghilangkan seluruh kista.

Kista dapat tumbuh kembali setelah melakukan prosedur ini.

Menjepit pergelangan kista

Dokter akan meresepkan penahan pergelangan tangan untuk mencegah gerakan disekitar kista. Gerakan dapat menyebabkan kista mengembang dan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Dengan membatasi gerakan, penyangga dapat membuat kista menyusut, sehingga rasa sakit berangsur hilang.

Pengobatan alternatif atau rumahan untuk kista ganglion

Jika anda memiliki kista ganglion di kaki atau pergelangan kaki, mengenakan sepatu yang lebih longgar atau mengikat tali sepatu anda dengan lebih ketat dapat meminimalkan rasa sakit yang ditimbulkan.

Perlu diingat, bahwa tidak disarankan untuk menusuk kista dengan jarum atau benda tajam lainnya. Hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi.

Kesalahpahaman umum tentang kista adalah dengan membuatnya pecah dapat menyembuhkan kista yang diderita. Namun sebaliknya, hal tersebut bahkan dapat meningkatkan risiko kekambuhan bahkan infeksi jauh lebih tinggi ketika metode tersebut digunakan.

Kabar baiknya, tingkat keberhasilan pengobatan kista ganglion dengan melakukan pengobatan di rumah mencapai angka 58 persen.[1]

Selain perawatan medis dan non-medis anda juga dapat menggunakan opsi pengobatan kista ganglion rumahan seperti:

  • Obat-obatan yang dijual bebas seperti acetaminophen (Tylenol, naproxen (Aleve, Naprosyn) atau ibuprofen (Advil, motrin) untuk penghilang rasa sakit.
  • Menggunakan kompres hangat secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan drainase cairan. Namun kompres hangat tidak dapat mencegah pertumbuhan kista
  • Menghindari tangan dan pergelangan tangan melakukan gerakan yang berulang dapat meredakan nyeri yang ditimbulkan.
  • Jika anda memiliki kista ganglion, gunakan sepatu longgar. idealnya sepatu anda tidak boleh menyentuh kista anda.

Kapan harus ke dokter?

Jika anda melihat benjolan di pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, atau kaki anda, segera periksakan ke dokter, terutama jika benjolan tersebut terasa sakit.

Dokter akan mendiagnosa kondisinya, apakah benjolan tersebut merupakan kista ganglion atau tidak, lalu dokter akan merekomendasikan cara mengobatinya.

Kenapa kista harus dihilangkan?

Pengangkatan kista ganglion bisa sangat bermanfaat.

Beberapa orang dengan kista ganglion mungkin tidak mengalami rasa sakit atau gerakan yang terbatas, Kasus tersebut mungkin tidak memerlukan tindakan medis lebih lanjut.

Tetapi operasi pengangkatan dapat memberikan bantuan ketika kista membesar, menimbulkan rasa sakit, hingga mengurangi gerak tubuh.

Apa risiko menghilangkan kista ganglion dengan operasi?

Seperti halnya operasi lainnya, pengangkatan kista ganglion dapat menyebabkan infeksi. Anda mungkin mengalami reaksi alergi terhadap anestesi yang digunakan dalam pengangkatan, atau pada jahitan yang digunakan untuk menutup bekas pengangkatan. Risiko lainnya yang dapat terjadi yaitu

  • Sensitvitas disekitar jaringan parut
  • Cedera pada tendon, saraf atau ligamen disekitarnya
  • Kehilangan kemampuan untuk menggerakkan pergelangan tangan secara normal.

Kemungkinan besar, anda akan sembuh dengan cepat dan tanpa kesulitan setelah pengangkatan kista ganglion. Tingkat kekambuhan dapat bervariasi dari orang ke orang.

Satu studi menemukan tingkat rekurensi sebesar 29,7 persen dalam sampel 52 peserta. Dari kelompok ini, dihasilkan 60 persen mengalami kekambuhan kista dalam satu tahun pengangkatan dengan pembedahan.[2]

Pemulihan setelah dilakukan pengangkatan kista ganglion

Setelah operasi, istirahatlah sebanyak yang anda bisa selama beberapa hari. Batasi gerakan tangan dan pergelangan tangan anda untuk meminimalkan rasa sakit dan menghindari iritasi pada bekas pengangkatan.

Kurangi aktivitas berat setelah dilakukan pengangkatan kista. Dokter akan merekomendasikan latihan jari dengan meregangkan jari dan ibu jari sejauh mungkin dan kemudian menekuknya sebanyak mungkin.

Anda mungkin mengalami nyeri terlokalisir setelah operasi, yang dapat dihilangkan dengan obat-obatan penghilang rasa sakit yang dijual bebas atau obat penghilang rasa sakit resep.

Anda mungkin juga mengalami bengkak disekitar bekas bedah. Hal tersebut dapat diobati dengan kompres es.

Dalam kasus yang jarang, infeksi dapat terjadi setelah pengangkatan kista ganglion. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi.

Catatan

Itulah pengobatan kista ganglion yang dapat anda lakukan. Perhatikan adanya benjolan di bagian tubuh mana pun yang dapat mengganggu. Jika dokter mengidentifikasi benjolan sebagai kista ganglion, dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan kista ganglion di rumah, perawatan medis atau tanpa perawatan.

Pada banyak kasus kista ganglion memang dapat sembuh dengan sendirinya, jadi jika kista anda tidak terasa sakit atau tidak mengganggu gerakan sendi, perawatan mungkin tidak diperlukan.

Anda kemungkinan besar dapat pulang pada hari yang sama setelah pengangkatan kista dilakukan.

Pengangkatan kista ganglion tidak menjamin bahwa kista ganglion tidak akan kembali, dan anda kemungkinan mengalami kista baru beberapa tahun setelah operasi. Tetapi kemungkinan kekambuhan sangat rendah.

Add a Comment