Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol

2 min read

Perbedaan asam urat dan kolesterol

Menjaga kadar kolesterol dan asam urat dalam tubuh tetap normal adalah kewajiban jika Anda ingin hidup sehat. Pada umumnya asam urat dan kolesterol memang berkaitan.

Sebelum kita mengetahui lebih jauh tentang asam urat dan kolesterol, alangkah baiknya kita mengetahui definisi dari kedua penyakit tersebut.

Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol

Menurut Mayo Clinic, Kolesterol adalah zat lilin yang terdapat di dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kolesterol dapat dikatakan tidak sehat jika jumlah kolesterol di dalam tubuh berlebihan.

kolesterol itu sendiri merupakan lemak yang sebagian besar di hasilkan dari proses produksi di hati dan sebagian lainnya di dapat dari makanan yang kita konsumsi.

Pada dasarnya kolesterol ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel baru dan memproduksi hormon yang penting bagi tubuh. Namun seperti yang tadi dijelaskan, kolesterol dapat berbahaya jika jumlah dalam tubuh terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti stroke, penyakit jantung dan lain lain.

Sama halnya kolesterol, asam urat juga dapat mengganggu kesehatan jika berlebihan di dalam tubuh. Namun senyawa kolesterol dengan asam urat ini berbeda.

Asam urat pada dasarnya merupakan hasil pembuangan yang normalnya tidak menumpuk di dalam darah. Asam urat tersebut di saring melalui ginjal lalu dikeluarkan dari tubuh.

Ketika asam urat menumpuk dalam darah akan membentuk kristal dan kristal inilah yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan sendi.

Beberapa makanan penyebab asam urat yaitu, daging merah, seafood, alkohol, dan lain sebagainya. Anda bisa membacanya di 15 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat

Lalu apa kaitannya asam urat dengan kolesterol?

Menurut penelitian, orang orang yang mempunyai kadar kolesterol baik yang rendah di dalam tubuhnya memiliki kadar asam urat yang tinggi.

Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti apa kaitan asam urat dan kolesterol.

Disarankan untuk memeriksa kondisi kesehatan kolesterol dan asam urat anda secara berkala.

Cek kesehatan kolesterol dan asam urat Anda secara berkala

Tidak ada salahnya untuk memantau kesehatan anda secara berkala agar risiko terkena penyakit ini dapat diperkecil.

Di zaman serba bisa seperti sekarang ini, untuk cek kesehatan tidaklah sulit, pada umumnya apotek menyediakan cek kesehatan jenis ini. Namun jika anda menginginkan hasil yang lebih akurat cek saja di laboratorium terdekat.

Sebelum cek kesehatan asam urat atau pun kolesterol pada umumnya anda diharuskan untuk berpuasa sebelum tes dilakukan.

Agar hasil dari tes tersebut lebih akurat lagi, hindari konsumsi obat-obatan sebelum melakukan tes darah.

Ukuran normal asam urat pada rentang 3,5-7,2 mg/dL. Jika hasil tes kesehatan menunjukkan tidak normal. Anda dapat mempertimbangkan untuk memeriksakan diri anda ke dokter terdekat.

Selain itu, anda juga harus menghindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan asam urat, anda bisa membacanya di  Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat

Nilai normal kadar kolesterol dalam tubuh yaitu kurang dari 200 mg/dL. Sedangkan nilai normal Kolesterol Jahat (LDL) menunjukkan nilai kurang dari 100 mg/dL dan nilai normal Kolesterol Baik (HDL) menunjukkan nilai lebih dari 60 mg/dL

Tanda tanda kolesterol dan asam urat

Bagi Anda yang memiliki kecenderungan akan terserang penyakit asam urat atau kolesterol, disarankan untuk menjaga pola hidup anda agar tetap sehat dan selalu jaga pola makan.

Berikut ini adalah tanda tanda kolesterol dan asam urat yang perlu kamu ketahui

Baca Juga: 6 Jenis Sayuran Yang Menyebabkan Asam Urat

1. Kesemutan, Pusing dan Terasa pegal

Tanda tanda pertama kolesterol dalam tubuh Anda naik yaitu kesemutan, pusing, dan terasa pegal.

Terasa pegal yang diakibatkan kolesterol naik pada umumnya memunculkan sensasi berat pada pundak dan tengkuk. Selain itu, gejala yang dapat muncul lainnya yaitu mudah lelah, mudah mengantuk, dan mudah pusing.

Gejala ini disebabkan oleh menurunnya asupan oksigen yang di terima oleh otak. Ini diakibatkan oleh penumpukan yang terjadi di pembuluh darah yang dapat menghambat aliran darah dalam tubuh.

Selain itu, kesemutan dengan disertai gejala lainnya jangan dianggap remeh, karena bisa saja ini adalah gejala kolesterol dalam tubuh Anda meningkat.

2. Mudah lelah

Seseorang yang di dalam tubuhnya terdapat kolesterol yang tinggi akan merasa mudah lelah, walaupun melakukan aktivitas yang tidak berat.

Mudah lelah juga dapat disebabkan karena di dalam darah terjadi penghambatan. Selain mudah lelah, seseorang yang mengalami kolesterol tinggi juga akan merasa mudah mengantuk, susah konsentrasi dan mudah merasa bingung.

3. Nyeri pada sendi

Gejala asam urat dan kolesterol yang paling umum dirasakan adalah rasa nyeri pada bagian persendian, kemudian disertai dengan pembengkakan dan kemerahan di sekitarnya.

Pada tingkat tertentu, jika asam urat semakin tinggi maka akan terjadi pembengkakan sehingga menyebabkan sulit untuk digerakkan.

4. Denyut jantung lebih cepat

Denyut jantung dapat digolongkan dalam gejala asam urat dan kolesterol dalam tubuh meningkat. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan darah yang mengakibatkan jantung menjadi lebih bekerja keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Jika hal ini tidak segera ditangani dengan tepat dan cepat, dapat menyebabkan gagal jantung. Jadi jangan di anggap enteng jika anda merasakan gejala asam urat dan kolesterol ini.

Itulah perbedaan, kaitan, dan tanda atau gejala asam urat dan kolesterol. tetap lakukan cek kesehatan Anda secara berkala agar mendapat rekomendasi dan mendapat penanganan yang tepat, agar tidak semakin memperburuk kondisi tubuh anda.

Baca Juga: Asam Urat – Tanda & Gejala, Penyebab, Pantangan

Add a Comment