Trigliserida: Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui

3 min read

trigliserida

Jika anda sedang mengawasi tingkat tekanan darah dan kadar kolesterol, ada hal lain yang penting anda pantau, yaitu trigliserida.

Memiliki tingkat trigliserida yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pilihan gaya hidup yang sehat dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol anda.

Apa itu trigliserida?

Trigliserida adalah sejenis lemak (lipid) yang ditemukan dalam darah anda.

Saat anda makan, tubuh akan mengubah kalori yang tidak digunakan menjadi trigliserida. Trigliserida disimpan di dalam sel lemak anda. Kemudian, hormon akan melepaskan trigliserida untuk digunakan sebagai energi ketika dibutuhkan.

Jika anda secara teratur makan lebih banyak kalori daripada yang anda bakar, terutama dari makanan karbohidrat tinggi, anda mungkin memiliki trigliserida yang tinggi (hipertrigliseridemia).

Apa bedanya dengan kolesterol?

Jika dokter mengatakan anda memiliki kelainan lipid, itu artinya anda memiliki kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi. Kadar zat yang tinggi tersebut dapat meningkatkan risiko anda terkena penyakit jantung.

Kolesterol

Terdapat dua bentuk utama dari kolesterol yang dapat ditemukan dalam tubuh yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL.

LDL, atau biasa disebut dengan kolesterol “jahat”, dibuat oleh tubuh dan diserap oleh tubuh anda dari makanan kaya kolesterol seperti daging merah dan produk susu. LDL dapat bergabung dengan lemak dan zat lain dalam darah, sehingga menciptakan penyumbatan.

Penyumbatan di arteri anda dapat mengurangi aliran darah dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, serangan jantung atau stroke. Karena efek potensinya, dokter merekomendasikan kadar LDL yang lebih rendah.

HDL, atau biasa disebut dengan kolesterol “baik”, memiliki efek perlindungan untuk jantung anda. HDL mengangkut kolesterol berbahaya keluar dari arteri anda. Dokter pada umumnya merekomendasikan anda memiliki kadar kolesterol HDL yang tinggi.

Kolesterol digunakan untuk membangun sel dan hormon tertentu dalam tubuh.

Berapa angka normal trigliserida?

Tes darah sederhana dapat digunakan untuk mengetahui apakah trigliserida anda termasuk dalam kisaran yang sehat.

  • Normal, jika kurang dari 150 mg/dL, atau kurang dari 1,7 mmol/L
  • Batas tinggi, jika berada di antara 150 hingga 199 mg/dL atau 1,8  hingga 2,2 mmol/L
  • Tinggi, jika berada diangka 200 hingga 499 mg/dL atau 2,3 hingga 5,6 mmol/L
  • Sangat tinggi, jika lebih dari 500 mg/dL atau lebih dari 5,7 mmol/L

Dokter biasanya akan memeriksa trigliserida sebagai bagian dari tes kolesterol keseluruhan, atau yang biasa disebut dengan panel lipid atau profil lipid. Anda harus berpuasa sebelum darah anda diambil untuk pengukuran trigliserida yang akurat.

Mengapa trigliserida tinggi berbahaya?

Trigliserida dapat berkontribusi pada pengerasan arteri atau penebalan dinding arteri (arteriosklerosis) yang dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung. Trigliserida yang sangat tinggi juga dapat menyebabkan radang pankreas akut (pankreatitis).

Trigliserida tinggi sering kali merupakan tanda dari kondisi lain yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, termasuk obesitas dan sindrom metabolik (kelompok kondisi yang disebabkan karena terlalu banyak lemak di sekitar pinggang, tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, dan kadar kolesterol).

Trigliserida tinggi juga merupakan tanda dari:

  • Diabetes tipe 2 atau prediabetes
  • Sindrom metabolik, suatu kondisi ketika tekanan darah tinggi, obesitas atau gula darah tinggi bersamaan, dan hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung
  • Rendahnya tingkat hormon tiroid (hipotiroidisme)
  • Kondisi genetik langka tertentu yang memengaruhi cara tubuh mengubah lemak menjadi energi

Terkadang trigliserida tinggi disebabkan karena efek samping obat-obatan tertentu, seperti:

  • Diuretik
  • Estrogen dan progestin
  • Retinoid
  • Steroid
  • Beta blocker
  • Beberapa imunosupresan
  • Beberapa obat HIV

Lalu, apa yang terjadi jika trigliserida terlalu rendah? anda dapat membacanya disini.

Apa yang menyebabkan kolesterol, darah tinggi dan trigliserida tinggi?

Makanan tinggi lemak jenis tertentu, kondisi medis tertentu dan faktor lain dapat menyebabkan kolesterol dan trigliserida meningkat.

Makanan

Terdapat dua jenis lemak diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Lemak jenuh: lemak jenuh dapat meningkatkan kadar LDL anda. Beberapa makanan nabati, seperti minyak sawit dan minyak kelapa, mengandung lemak jenuh. Namun lemak jenuhnya banyak ditemukan pada produk pangan hewani, seperti:

  • Keju
  • Susu
  • Mentega
  • Daging panggang

Lemak trans: lemak trans, atau asam lemak trans, lebih buruk daripada lemak jenuh karena dapat meningkatkan kadar LDL dan menurunkan kadar HDL. Beberapa lemak trans ditemukan secara alami dalam produk hewani lainnya ditemukan dalam makanan olahan yang telah mengalami proses yang disebut hidrogenasi, seperti beberapa margarin dan keripik kentang.

Kondisi medis

Kondisi medis tertentu dapat memengaruhi kadar kolesterol anda. Kadar kolesterol darah yang tinggi dapat disebabkan oleh:

  • Diabetes
  • Hipotiroidisme
  • Sindrom metabolik
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Penyakit ginjal

Penyebab lainnya

Penyebab lainnya dari kadar kolesterol tinggi, meliputi:

  • Kurang olahraga. Kurang berolahraga dapat meningkatkan kadar LDL. Tidak hanya itu, olahraga terbukti dapat meningkatkan kadar HDL yang sehat.
  • Merokok. Merokok dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menyebabkan penumpukan plak pada arteri.
  • Genetika. Jika dalam keluarga anda terdapat yang menderita kolesterol, anda berisiko mengalaminya juga.
  • Pengobatan. Obat-obatan tertentu, seperti jenis diuretik, dapat meningkatkan kadar kolesterol anda.

Apa yang dapat dilakukan untuk menurunkan trigliserida?

Pilih gaya hidup sehat adalah kuncinya.

  • Berolahraga secara teratur. Lakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik di sebagian besar atau semua hari dalam seminggu. Olahraga teratur dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol “baik”. Cobalah untuk memasukkan lebih banyak aktivitas fisik ke dalam jadwal harian anda, misalnya menaiki tangga di tempat kerja atau berjalan-jalan saat istirahat.
  • Hindari gula dan karbohidrat olahan. Karbohidrat sederhana, seperti gula dan makanan yang terbuat dari tepung putih atau fruktosa, dapat meningkatkan trigliserida.
  • Menurunkan berat badan. Jika anda menderita hipergliseridemia ringan hingga sedang, fokuslah untuk mengurangi kalori. Kalori ekstra diubah menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak. Mengurangi kalori sama dengan mengurangi trigliserida dalam tubuh.
  • Pilih lemak yang lebih sehat. Tukar lemak jenuh yang anda konsumsi dalam daging dengan lemak sehat yang dapat ditemukan dalam tumbuhan, seperti minyak zaitun dan minyak kanola. Anda juga dapat mencoba ikan yang tinggi asam lemak omega-3 seperti mackerel atau salmon. Hindari lemak trans atau makanan dengan minyak atau lemak terhidogenasi.

Selain hal diatas, terdapat 12 cara alami untuk menurunkan kadar trigliserida, anda dapat membacanya disini.

Gejala kolesterol dan trigliserida tinggi

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Gejala mungkin hanya muncul setelah peningkatan kolesterol menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Misalnya, gejala yang timbul dapat berupa gejala penyakit jantung, seperti nyeri dada (angina) atau mual dan kelelahan. Serangan jantung atau stroke dapat disebabkan oleh kolesterol yang tidak terkontrol.

Pengobatan trigliserida tinggi

Jika perubahan gaya hidup sehat tidak cukup untuk mengontrol trigliserida tinggi, dokter mungkin merekomendasikan:

  • Statin. Obat penurun kolesterol ini mungkin direkomendasikan jika anda juga memiliki jumlah kolesterol yang buruk atau riwayat penyumbatan arteri atau diabetes. Contoh statin, seperti kalsium atorvastatin (Lipitor) dan kalsium rosuvastatin (Crestor).
  • Fibrat. Obat fibrat, seperti fenofibrate (Tricor, Fenoglide) dan gemfibrozil (Lopid), dapat menurunkan kadar trigliserida anda. Fibrat tidak digunakan jika anda menderita penyakit ginjal atau hati yang parah.
  • Niacin. Niacin, atau biasa disebut dengan asam nikotinat, dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL atau kolesterol “jahat”. Konsultasikan dengan dokter sebelum anda mengonsumsi niacin yang dijual bebas karena dapat berinteraksi dengan obat lain dan menyebabkan efek samping yang signifikan.

Jika dokter anda meresepkan obat untuk menurunkan trigliserida, minum obat sesuai resep yang diberikan. Dan ingatlah pentingnya gaya hidup sehat. Pengobatan dapat membantu – tetapi gaya hidup sehat juga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Anda dapat membaca mengenai tes trigliserida disini.

Add a Comment